Di Mana Tempat Makan Batagor Enak di Makassar?

Di Mana Tempat Makan Batagor Enak di Makassar?
5 (100%) 1 vote

Kemarin, saat akan mengantar babyjo mengunjungi neneknya, si Bunda memesan seporsi batagor. Pesannya spesifik, “Ayah, belikan batagor campur siomay nah tapi yang di gerobak depan Indomaret”. Sayangnya, sewaktu pulang saya lupa mampir beli dan akhirnya menawarkan diri untuk balik lagi ke arah sana karena melihat wajahnya yang agak kecewa. Dobel sayangnya, sampai di sana, batagor yang diinginkan sudah ludes 😀 Saya telpon dan bilang kalau saya nemu satu warung yang juga jualan batagor, tapi karena Bunda babyjo gak mau akhirnya pesanan diganti jadi seporsi bihun goreng saja.

Batagor alias bakso tahu goreng memang makanan favorit kami sekeluarga. Berbeda dengan saya yang mau saja makan batagor di sembarang tempat, babyjo dan bundanya lumayan pilih-pilih warung ataupun gerobak yang jualan batagor. Gak salah juga sih, soalnya kita pernah beberapa kali bawa pulang batagor – siomay yang akhirnya malah mubazir soalnya gak enak dan alot, kayak lagi makan kanji yang digoreng :D. Sambal kacang yang biasanya enak pun gak menolong untuk mengangkat rasanya. Nah daripada mubazir, akhirnya beli batagornya di tempat yang pasti-pasti saja.

Mari berburu nasi kuning di Makassar mulai dari pagi sampai malam hari

Batagor Enak di Makassar

Batagor populer sebagai jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia (wikipedia). Di Bandung sendiri, ada seseorang bernama Isan yang dianggap sebagai pelopor bisnis ini dan mulai berjualan sejak tahun 1970-an. Populernya bisnis Batagor milik Isan kemudian menginspirasi beberapa orang untuk melirik lahan bisnis tersebut dan mulai meramaikan dunia per-batagor-an di Bandung pada tahun 1980. Sebut saja Batagor Riri, Batagor Abuy, Batagor Kingsley, Batagor Burangrang dan lain-lain.

Akhirnya batagor pun menjadi populer sebagai kuliner khas Bandung, dan katanya belum sah berkunjung ke Bandung kalau belum mencicipi batagor di daerah asalnya. Penjual batagor sangat gampang ditemukan di mana-mana, mulai dari kios dan warung hingga gerobak di pinggir jalan dengan harga yang bervariasi. Jadi silakan sesuaikan dengan isi kantong 😀

Nah, untuk kamu yang mencari tempat makan batagor enak di Makassar, ada beberapa lokasi yang saya rekomendasikan dan bisa kamu cicipi sendiri. Ini dia beberapa di antaranya.

Batagor Pettarani

Di antara deretan gerobak penjual es kelapa dan es buah di Jl. AP. Pettarani, ada satu gerobak batagor yang nyelip. Lokasinya tepat di depan Kantor Telkom. Rasa-rasanya sudah lumayan lama juga gerobak batagor ini, soalnya sejak bertahun-tahun lalu saya dan teman-teman blogger Makassar sering nongkrong makan batagor dan es kelapa muda di sini. Terakhir kali berkunjung ke sini di bulan Ramadhan tahun 2016 yang lalu, saya bersama babyjo dan bundanya.

Batagor Benteng Rotterdam

Seperti halnya Batagor Pettarani, di Benteng Rotterdam juga akan ditemukan penjual batagor sepaket dengan penjual es kelapa muda dan es teler. Lokasinya bukan pas depan benteng sih tetapi persis di pintu masuk Sari Laut di belakang Studio RRI. Beberapa minggu yang lalu saya sempat lewat sana dan ternyata deretan penjualnya sudah lebih tertata rapi lengkap dengan spanduknya.

Batagor Enak di Makassar

Batagor dan Siomay 21 Kang Dadan

Nah ini dia gerobak batagor yang saya ceritakan di awal postingan tadi, batagor yang dipesan bunda Babyjo dan disebutnya sebagai batagor enak di Makassar. Gerobak Batagor Kang Dadan memang lebih sering dijumpai di depan Indomaret. Coba saja cari, keliatan kok tulisannya di bagian kaca gerobak. Meskipun gak semua juga sih lokasinya di Indomaret, soalnya saya pernah beli di batagor kang Dadan yang mangkal depan ruko samping kantor Koramil Batua.

Batagor SAO EATING POINT MaRI

Batagor yang ini jualannya di gerobak tapi lokasinya di SAO Eating Point yang berada dalam Mall Ratu Indah, salah satu mall di kota Makassar. Dari pintu masuk SAO, mengarah ke kanan melewati kasir dan deretan minuman, kamu akan menemukan 4 buah gerobak berjejer sebelum pintu keluar menuju tempat makan outdoor. Nah salah satunya adalah gerobak batagor.

Batagor Rappocini

Kalau yang ini bukan gerobak melainkan sebuah ruko yang berlokasi di Jalan Rappocini, tepatnya di samping Rumah Makan Nyoto dan tak jauh dari Kampus UIT Makassar. Di bagian depan sebelum masuk, ada dua buah gerobak. Yang satu untuk siomay dan batagor sedangkan gerobak satunya untuk bakso. Selain menu tersebut, ada juga sop buah dan beberapa menu lainnya dijual di sini.

Batagor dan Siomay Bandung, Samping RS.Grestelina

Saya belum pernah sih mencicipi batagor yang dijual di sini, tapi ini rekomendasi dari Bunda Babyjo. Sewaktu dia menuju Malino untuk piknik bersama komunitas QuiQui, mereka sempat mampir di sini beli beberapa porsi batagor. Lokasinya tepat di samping Rumah Sakit Grestelina, Jalan Hertasning. Beberapa teman lain juga menyatakan bahwa inilah gerobak tempat makan batagor enak di Makassar.

Batagor – Foodcourt Bean

Ini juga recommended menurutku, gerainya dapat ditemukan di dua lokasi yaitu Jalan AP Pettarani dan Jalan Adhyaksa Baru. Meskipun banyak menu lain yang dijual di foodcourt ini, saya pribadi paling suka dengan batagornya.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Kalau ditanya, kapan pertama kali saya makan batagor dan di mana? Sejujurnya saya sudah lupa. Ingatan yang paling terang soal batagor ini saat saya jalan-jalan ke Bandung bersama Rara dan beberapa Blogger Makassar selepas perhelatan Pesta Blogger 2010. Kami janjian ketemu dengan beberapa teman Blogger Bandung dan lokasinya di Batagor Abuy. Sepertinya inilah kali pertama saya mencicipi kuliner khas Bandung tersebut langsung di daerah asalnya.

Kamu sendiri, kapan pertama kali makan batagor? Dan di mana tempat makan batagor enak di Makassar yang jadi favoritmu?

(Visited 1,384 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Di Mana Tempat Makan Batagor Enak di Makassar?' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool