Bassang, Bubur Khas Makassar

Bassang, Bubur Khas Makassar
5 (100%) 2 votes

Bicara soal makanan khas Makassar tidak akan ada habisnya. Banyak sekali makanan enak di kota ini. Kegemaran orang Makassar akan makanan telah menciptakan berbagai kreasi makanan yang kemudian menjadi identitas Kota Makassar. Salah satunya adalah Bassang. Bassang hanya ada di Makassar dan tidak akan ditemukan di kota-kota lain.

Bassang adalah makanan sejenis bubur dengan bahan baku utama adalah jagung pulut (jagung ketan). Makanan ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan pada sore hari dan sangan nikmat jika dimakan dalam kondisi masih panas atau hangat. Saat ini, bassang memang sudah sangat susah untuk ditemukan dirumah makan atau restoran di Kota Makassar. Kebanyakan penjual bassang hanya menjajakan dagangannya dikampung-kampung dengan sepeda motor atau dengan membuka warung kecil didepan rumah. Penjual bassang yang masih eksis hingga saat ini sejak tahun 70-an terdapat dijalan Dakwah, Kota Makassar.

1

Bassang terbuat dari jagung, tepung terigu, air gula dan garam. Tidak semua jagung bisa dimasak menjadi bassang. Biji jagung yang digunakan untuk membuat bassang adalah jagung pulut atau jagung bassang. Biji jagung pulut yang sudah tua kemudian dikupas kulit arinya sehingga biji jagung terlihat sangat putih.

Jagung Pulut

Jagung Pulut

Bassang disajikan dalam bentuk kental seperti bubur nasi tetapi bentuk jagungnya masih terlihat utuh. Kemudian ditaburi gula pasir sesuai selera untuk memberikan rasa manis. Rasa gurih bassang dengan tekstur halus dan kental mampu mempengaruhi suasana hati dan pelipur penat. Selain untuk sarapan dan cemilan sore, bassang juga sering menjadi santapan menyehatkan bagi yang sedang sakit.

Mencari bahan baku untuk membuat bassang tidaklah mudah, karena tidak semua took menjual jagung pulut/jagung bassang. Jagung bassang pun terdiri dari dua jenis yaitu jagung bassang biasa dan jagung bassang ketan. Untuk harga jagung bassang biasanya dibanderol seharga Rp. 6.000,- per liter sedangkan jagung bassang ketan harganya Rp. 8.000,- per liter. Jagung bassang ketan warnanya jauh lebih putih dari jagung bassang biasa oleh karena itu harganya lebih mahal.

Jagung Pulut Biasa dan Jagung Pulut Kental

Jagung Pulut Biasa dan Jagung Pulut Kental

Seiring perkembangannya tingkat perekonomian Makassar dan semakin sedikitnya kita jumpai penjual bassang maka muncullah bassang instan yang dijual dalam kemasan praktis. Bassang cepat saji ini dapat ditemukan disejumlah mall di Makassar. Tak hanya di Makassar, bassang kemasan ini sudah diekspor keluar negeri seperti Malaysia dan Arab Saudi.

Salah satu Contoh Jagugn Bassang Instan

Salah satu Contoh Jagugn Bassang Instan

Jadi jangan lewatkan kuliner yang satu ini jika berkunjung ke Kota Makassar. Memang akan sulit untuk menemukan penjual asli bassang tetapi semuanya akan terbayar jika anda sudah merasakan kenikmatan bubur khas Makassar yang satu ini.

(Visited 3,105 times, 2 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Bassang, Bubur Khas Makassar' have 3 comments

  1. January 8, 2017 @ 8:14 pm Kheke

    Boleh minta kontak person.?
    Mau memperkenalkan jajanan khas makassar ini ke seluruh wilayah Indonesia

    Reply

  2. May 14, 2017 @ 8:15 pm Ryani

    Bisa pesan jagung bassang instannya nggak

    Reply

  3. September 22, 2017 @ 9:08 am Ana

    Bisa mnta nomor contact u beli bassang ?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool