Bakso Legendaris di Makassar

Bakso Legendaris di Makassar
4.3 (86.67%) 3 votes

Di Makassar, bakso lebih populer dengan nama Nyuknyang. Jadi yaaa jangan heran kalau lagi makan di warung bakso di Makassar dan mendengar kalimat seperti : “ Mas/Daeng, tambah dulu nyuknyangnya”. Yang dimaksud adalah bulatan baksonya alias pentolan 😀

Dulu, setiap kali makan bakso hanya mengenal dua macam bakso saja yaitu bakso urat/kasar dan bakso halus. Sekarang, rasa-rasanya varian bakso semakin bertambah banyak. Ada bakso beranak, bakso granat, bakso raksasa, bakso mangkok, bakso keju, bakso mercon, bakso bakar, dan lain-lain.

Bakso Lumayan, Bakso Favorit di Kota Palopo

Warung bakso pun ini semakin banyak, mulai dari gerobak pinggir jalan sampai kedai bakso yang ikut tren menjadi kafe kekinian agar semakin ramai dikunjungi anak muda Makassar. Setelah heboh warung bakso mangkok dan bakso beranak, yang banyak dibicarakan sekarang adalah warung bakso Mas Cingkrank dan Warung bakso Abah. Antriannya luar biasa hehehhe

Di antara sekian banyak warung bakso yang muncul belakangan, ada 3 warung bakso legendaris di Makassar yang tetap eksis dari dulu sampai sekarang. Menyebut namanya adalah jaminan mutu bakso enak di Makassar. Apa saja warung bakso legendaris di Makassar ini?

bakso ati raja - bakso legendaris di makassar

Bakso Ati Raja

Bakso legendaris di Makassar yang pertama adalah Ati Raja. Populer juga dengan nama Nyuknyang Ati Raja. Ada 3 jenis bakso yang disediakan di sini yaitu bakso halus dengan rasa daging yang dominan, bakso kasar dengan tekstur lebih berserat dan kenyal, serta gorengan bakso yang garing dan nikmat. Jika ingin merasakan semuanya, cukup pesan bakso campur maka semua varian bakso ini akan disajikan di dalam mangkok. Kuah bening minim lemak dengan tambahan daun sup/seledri dan bawang goreng menjadi ciri khas kios Ati Raja. Rasanya segar dan gurih. Untuk bakso goreng akan terasa lebih nikmat bila dicocol dengan sambal kuning khas Makassar yang ekstra pedas.

Kios Bakso Ati Raja didirikan tahun 1994 oleh Bapak Jhon Tampi dan istri. Dibuka pertama kalinya di Jalan Gunung Lompobattang lalu pada tahun 1997 pindah ke jalan Gunung Merapi. Saat ini Kios Ati Raja telah memiliki beberapa cabang di antaranya; Jalan Gunung Nona, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Jalan Pengayoman dan Pantai Losari. Katanya sih semua cabang Kios Ati Raja ini dikelola langsung oleh anak-anak Bapak Jhon Tampi dan Istrinya dengan tetap mempertahankan resep aslinya.

tiket mudik murah

Sampai sekarang, Bakso Ati Raja dipercaya banyak orang sebagai bakso legendaris di Makassar yang paling terkenal. Beberapa perantau bahkan sering memesan bakso ini atau membawanya sebagai oleh-oleh setiap kali pulang kampung ke Makassar.

bakso sentosa - bakso legendaris di Makassar

Bakso Sentosa

Jaman dahulu, setiap kali ada teman atau keluarga yang lagi liburan di Makassar, biasanya diajak ke Bakso Sentosa. Makan bakso sambil menikmati pemandangan Pantai Losari. Bakso Sentosa memang berlokasi di Jalan Penghibur, tempatnya strategis dan langsung menghadap ke laut. Kadang-kadang sampai harus antri tempat duduk saat datang di saat jam yang sedang ramai-ramainya. Bonus lainnya yang bisa dinikmati adalah di sini juga tersedia pisang ijo dan pallubutung yang rasanya enak, jadi memang cocok untuk kulineran.

Selain varian bakso kasar dan halus yang dibuat dari daging sapi, di sini juga tersedia bakso ikan. Meski memiliki bahan dasar ikan tapi tak amis, rasanya pas di lidah. Kuahnya juga gurih dan sedap, bening dengan potongan daun bawang, bawang goreng dan seledri. Biasanya jika memesan bakso campur, akan ada tambahan bihun dan pangsit goreng.

bakso salemo - bakso legendaris di Makassar

Bakso Salemo

Bakso yang disajikan di sini disebut-sebut juga sebagai bakso paling enak di Makassar. Di warung bakso Salemo tersedia dua macam jenis bakso yaitu bakso kasar dan bakso halus. Kuahnya agak kental dengan tambahan bawang goreng dan potongan seledri menguarkan wangi yang menggugah selera. Mie, tahu ataupun  gorengan pangsit bisa ditambahkan sesuai selera, tinggal bilang saja saat memesan.

Sesuai namanya, Bakso berlokasi di Jalan Salemo, tidak jauh Pelabuhan Soekarno Hatta. Konon Salemo adalah nama sebuah pulau yang diabadikan menjadi nama sebuah jalan di tengah kota Makassar. Nak karena warung bakso ini dibuka di Jalan Salemo akhirnya populer dengan nama Bakso Salemo. Sudah buka cabang juga di beberapa tempat di antaranya Jalan Jend. Sudirman, Jalan Bontolempangan, Jalan Mon. Emmy Saelan bahkan sudah buka cabang juga di Jalan Tumanurung, Sungguminasa, Gowa.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Nah tiga kios bakso legendaris di Makassar itulah yang masih tetap eksis. Kamu sudah pernah ke sana belum? Jangan ngaku pecinta bakso kalau belum pernah icip-icip di 3 lokasi ini. Pun untuk kamu yang sedang liburan di Makassar, ini bisa jadi rekomendasi wisata kuliner di Makassar. Jangan lupa tambahkan jeruk nipis, lombok kuning khas Makassar dan burasnya saat sedang menyantap semangkok bakso. Selamat menikmati 🙂

(Visited 1,796 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Bakso Legendaris di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool