Pulau Dutungan foto oleh Ahmad Irfan

Ayo Ke Barru!

Ayo Ke Barru!
5 (100%) 1 vote

Terpilihnya Celebes Canyon sebagai objek wisata baru terbaik kedua di Indonesia pada Anugerah Pesona Indonesia 2016 turut mengangkat nama Kabupaten Barru sebagai salah satu daerah destinasi wisata di Sulawesi Selatan.

Kabupaten Barru sendiri terletak di sebelah utara Makassar dengan jarak tempuh sekira tiga jam dengan transportasi darat. Tak begitu sulit untuk menuju ke kabupaten yang berjarak 100 km dari Makassar ini, pengunjung bisa menggunakan mobil sewaan, bus eksekutif, mobil angkutan umum hingga kendaraan pribadi. Kita akan segera menjumpai gerbang ibukota kabupaten yang memiliki luas wilayah 1.174,72 km² ini begitu melewati Kabupaten Maros dan Pangkep dari arah Makassar.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan untuk datang ke Kabupaten Barru. Simak yuk!

Pulau Dutungan

Kabupaten Barru juga berada di pesisir Selat Makassar sehingga memiliki banyak pantai dan pulau yang bisa menjadi destinasi pilihan alternatif. Sebut saja misalnya Pulau Dutungan. Pulau ini berada di antara Barru dan Parepare, sekira setengah jam perjalanan dari ibukota kabupaten. Untuk mencapai pulau, cukup membayar tiket sekira Rp. 40.000 per orang yang sudah termasuk biaya perahu penyeberangan.  Jarak tempuh penyeberangan sendiri tidak lebih dari sepuluh menit.

Pulau Dutungan adalah pulau destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Warga yang menjadi pemilik pulau mengubahnya menjadi tempat wisata yang patut di kunjungi, supaya anda bisa menikmati pemandangan bawah laut ada baiknya anda menggunakan alat-alat standard, akan tetapi tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki peralatannya karena di sini disewakan alat snorkling dan pelampung dengan harga kisaran Rp. 50.000 saja untuk dipakai seharian.

Dermaga Pulau Dutungan Kabupaten Barru

Dermaga Pulau Dutungan Kabupaten Barru | foto Andi Sulfiani

Letaknya yang begitu dekat dengan dataran pulau Sulawesi menciptakan selat dangkal yang dihuni oleh berbagai hewan laut yang terdapat di sekitar pulau. Di pulau ini, pengunjung bebas menangkap ikan untuk sekedar dimakan di pulau. Pulau ini merupakan pilihan tepat pagi pecinta ikan untuk menghabiskan liburan.

Pengunjung bisa membeli langsung dari para nelayan tanpa memesan terlebih dahulu. Biasanya, nelayan akan datang menghampiri dan menawarkan hasil tangkapan atau pancingannya jika mengetahui ada pengunjung. Bagi anda yang hobi memancing harus membawa alat pancingan sendiri, karena pihak pengelola belum menyediakannya. Salah satu spot pemancingan adalah dermaga.

Bagi pengunjung yang ingin melewatkan malam bisa menginap di beberapa resort yang tersedia dengan harga terjangkau. Untuk kebutuhan air tawar, pihak pengelola menyiapkan beberapa kamar mandi dan WC umum, namun tidak dipungut biaya tambahan. Pulau Dutungan ditumbuhi pohon-pohon ukuran besar. Hampir separuh pulau dibiarkan menjadi hutan, menjadikan pulau ini begitu rindang, sehingga pengunjung akan dimanjakan dengan perpaduan suasana sejuk pohon dan terpaan angin laut.

Selain pulau ini, Barru juga memiliki destinasi pulau dan pantai lainnya seperti Pulau Puteanging, Pantai Pijar, Pantai Awarange dan lain-lain.

Pengen tahu destinasi wisata di Maros dan Pangkep? Simak di sini yuk!

 

Celebes Canyon

Celebes Canyon Barru foto piknikasik

Celebes Canyon Barru foto piknikasik

Nama Celebes Canyon sendiri populer setahun belakangan oleh netizen yang berkunjung ke sana. Nama ini merujuk pada Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat. Pengunjung yang datang menganggap destinasi wisata ini mirip dengan Grand Canyon sehingga memberi nama Celebes Canyon yang kemudian populer hingga sekarang. Destinasi ini termasuk salah satu destinasi wisata kekinian yang ada di Sulawesi Selatan.

Celebes Canyon terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja. Tepatnya berada di aliran sungai Ule, sungai yang masih sangat alami dan bersih. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5 ribu untuk parkiran. Selebihnya harus berjalan kaki sekira satu kilometer karena akses jalan masuk belum begitu baik. Tak perlu khawatir, perjalanan menuju Celebes Canyon sendiri akan memanjakan mata.  Melewati pemukiman warga, bentangan sawah hingga kebun penduduk akan membayar lunas rasa lelah perjalanan.

Tiram Bakar

Biasanya restoran atau warung menghidangkan makanan sea food jenis tiram dengan cara modern, nah bagaimana menikmati hidangan dari kelompok kerang-kerangan itu dengan cara tradisional? Bisa bayangkan rasanya menikmati tiram yang dibakar di dalam daun kelapa di atas tungku batu?

Tiram Bakar Barru

Tiram Bakar, salah satu sensasi wisata kuliner yang bisa dinikmati di Kabupaten Barru. |foto NurulFajriani93

 

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Cara ini tentu membuat cangkang tiram menjadi hitam pekat menyerupai arang kayu. Tapi setelah cangkangnya dibelah, terlihat tekstur kulit dalam warna putih dan daging tiram yang mampu mengundang selera makan.

Kalau mau menikmati lesehan sederhana yang menyajikan tiram bakar ala tradisional ini bisa ke Desa Lajari, kecamatan Lembae Kabupaten Barru. Di daerah ini ada beberapa warung-warung menjajakan sea food kerang-kerangan itu lengkap dengan suasana kampung. Salah satunya adalah Warung Tiram Bakar milik Irfan yang berada tempat di kolong rumahnya sendiri. Makannya di atas balai-balai yang bisa memuat banyak orang. Dengan begitu, pengunjung dapat merasakan sensasi hidangan tiram khas kampung.

Nah, itulah sedikit gambaran mengenai destinasi wisata dan apa yang bisa kamu lakukan di Barru. Liburan depan, ayo ke Barru!

(Visited 180 times, 9 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Ayo Ke Barru!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool