Telaga Biru

Asal Muasal Terbentuknya Telaga Biru

Asal Muasal Terbentuknya Telaga Biru
Vote Us

Obyek wisata di kota Makassar tidak dapat dipungkiri lagi, dimulai dari pegunungan hingga kepulauan selalu menjanjikan tempat yang indah. Jika ingin berkunjung ke kota Makassar kita dapat berburu tiket murah di Ezytravel.

Salah satu obyek wisata yang belum banyak dikenal orang adalah Telaga Biru. Telaga Biru terletak 12 km dari kota Makassar. Lebih tepatnya berada disisi sebelah utara Danau Mawang yang juga merupakan obyek wisata di Kabupaten Gowa.

Pada mulanya telaga biru hanya sebuah lubang besar yang tanahnya diambil oleh para pekerja untuk dijadikan timbunan perumahan. Karena terlalu sering dilakukan pengerukan akhirnya lubang yang ada pun semakin membesar. Setelah dilakukan pengerukan dan dianggap sudah tidak layak lagi untuk diambil tanahnya para pekerja pun meninggalkan tempat tersebut dengan keadaan seperti itu sehingga ketika musim hujan tiba maka tergenanglah air hujan dilubang besar yang bertanah merah itu.

Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan mengapa air yang terdapat dalam lubang besar itu berwarna biru bercampur hijau tosca. Dilihat dari dasar pembentukannya, tanah yang berada didalamnya adalah tanah merah yang seharusnya jika tergenang air maka air tersebut berwarna coklat.

Menurut cerita penduduk setempat, kolam besar tersebut adalah tempat bermain para bidadari dimana setelah hujan berhenti maka munculah pelangi yang ujung dari pelangi tersebut akan turun tepat berada ditengah kolam sehingga membuat air tersebut menjadi berwarna.

Sisi Barat Telaga Biru

Sisi Barat Telaga Biru

Sisi Timur Telaga Biru

Sisi Timur Telaga Biru

Banyak orang yang berkunjung memanfaatkan kolam besar tersebut sebagai tempat berenang bagi anak-anak disore hari tetapi harus tetap dijaga karena sudah banyak pula yang menjadi korban tenggelam hingga meninggal ditempat tersebut.

Berita tentang tenggelam hingga meninggalnya orang yang berenang di kolam besar tersebut membuat banyak isu yang beredar bahwa bidadari-bidadari yang sering bermain di kolam besar marah karena tempat mereka diganggu ditambah lagi ada beberapa penduduk yang sering melihat penampakan perempuan bergaun putih yang muncul pada saat menjelang ba’da Maghrib.

Telaga Biru

Menjelang Maghrib

Nama Telaga biru sendiri diberikan oleh teman-teman yang telah berkunjung kesana. Air yang berwarna seperti dilaut ditambah lagi disekelilingnya ditumbuhi oleh ilalang-ilalang membuat tempat ini menjadi tempat favorit bagi para kawula muda untuk menikmati senja. Selain itu disekitaran telaga biru juga terdapat arena latihan bagi para pecinta motor trail dengan tanah merah yang berbentuk gundukan-gundukan sebagai alat jumpingnya.

Telaga Biru

Gundukan yang sering dijadikan sebagai alat jumping para penggiat olahraga motor trail

Sunset di Telaga Biru

Sunset Telaga Biru

Jika ingin mendatangi telaga biru, para pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena jalur yang akan dilalui bukanlah jalur angkutan umum. Disepanjang jalan menuju lokasi telaga biru kita akan disuguhkan oleh hijaunya pohon-pohon yang rindang serta tenangnya air danau Mawang yang berada tepat disisi kanan jalan.

(Visited 2,048 times, 1 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Asal Muasal Terbentuknya Telaga Biru' have 1 comment

  1. May 26, 2015 @ 6:07 am Bimo Aji Widyantoro

    sekarang telaga biru terancam dibanguni perumahan di dalamnya. sebenarnya ini dekat dengan danau mawang.sayangnya keindahannya tidak semua orang tahu

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool