Art Gallery Makassar

Art Gallery, Bangunan Seni ditengah Pantai Losari

Art Gallery, Bangunan Seni ditengah Pantai Losari
5 (100%) 2 votes

Tulisan-tulisan saya sebelumnya lebih banyak membahas tentang aneka tempat wisata kuliner saat kalian berkunjung di Makassar. Kali ini saya tidak akan membahas tentang kuliner karena sekarang saya akan mengenalkan salah satu tempat keren yang wajib kalian kunjungi saat kalian liburan di Makassar. Mari kita mulai berkenalan dengan Art Gallery.

Art Gallery Makassar

Papan nama Art Gallery

Art Gallery adalah tempat berkumpulnya penggiat seni rupa yang ada di Makassar. Lokasinya berada di Pantai Losari. Tepatnya diantara anjungan City of Makassar dan Anjungan Bugis di Pantai Losari. Tempat ini belum terlalu banyak dikenal, khususnya warga Makassar pada umumnya. Alasannya mungkin karena tempat ini baru berdiri pada tahun 2014 dan kita juga nggak pernah memperhatikan kalau tempat ini sebenarnya ada. Banyak yang sering melintas saja, melihat melalui jendela kaca yang seperti memamerkan lukisan-lukisan yang ada di dalam, tapi tidak sedikit juga yang akhirnya tidak mampu menahan rasa penasarannya dengan bangunan kecil ini. Mereka masuk dan seperti tidak percaya kalau ada ruangan penuh lukisan disekitar mereka. Memang, awalnya tempat ini dibangun untuk keperluan mushallah dan toilet, tapi karena Mesjid Terapung Pantai Losari sudah dirasa cukup akhirnya bangunan ini dimanfaatkan sebagai ruang pameran lukisan.

Art Gallery Makassar

Ruang rupa Art Gallery

Art Gallery memang lebih konsentrasi kepada salah satu cabang seni rupa yaitu seni lukis. Jadi jangan heran kalau kalian masuk nanti ke dalam Art Gallery dan melihat penuhnya lukisan di setiap tembok yang ada disana. Art Gallery memiliki 5 ruangan didalamnya, dan satu diantaranya merupakan sebuah gudang yang berisi lukisan-lukisan, yang entah sekarang berapa jumlahnya disana. Diluar gudang saja sudah ada sekitar lebih dari 50 lukisan beraneka ukuran terpajang di setiap tembok-tombok yang berada di Art Gallery. Jika kalian masuk ke dalam toiletnya pun bisa melihat beberapa koleksi lukisan terpajang disini. Saking banyaknya, toliet menjadi tempat memamerkan hasil lukisan yang ada disini.

Art Gallery Makassar

Lukisan di dalam ruang toilet Art Gallery

Kalian juga bisa dilukis di Art Gallery. Banyak anak muda berbakat melukis di Makassar dan mereka adalah jebolan fakultas-fakultas seni yang ada di Makassar. Mereka mampu menyelesaikan sebuah lukisan hanya dengan waktu 25 menit dan kalian bisa mendapatkan lukisan wajah kalian berada diatas kanvas. Harganya bervariasi, tergantung dengan jenis lukisan yang diinginkan. Kalian bisa mendapatkan lukisan wajahmu sendiri dengan harga mulai Rp. 100.000/kepala untuk ukuran lukisan kecil. Kapan pun kalian berkunjung ke Pantai Losari dan ingin dilukis, maka segeralah mampir kesini. Pelukis-pelukis dari Art Gallery selalu bersedia memenuhi keinginan kalian yang ini. Dilukis di pelataran Pantai Losari tentu akan menjadi pengalaman unik. Jika kalian malu untuk dilukis secara langsung, kalian juga bisa membawa foto yang ingin dilukiskan di atas kanvas. Seni memang tidak bersifat kaku.

Art Gallery Makassar

Pengunjung Pantai Losari sedang dilukis

Melihat para pelukis dari Art Gallery melukis dipelataran anjungan Pantai Losari tentu membuat rasa ingin tahu kita tumbuh. “Bagaimanakah caranya supaya bisa membuat lukisan sepertu itu?”, kurang lebih seperti inilah isi kepala kita jika melihat seorang pelukis sedang bekerja. Tenang, Art Gallery juga menyediakan solusi dari rasa ingin tahu kalian yang berlebih tentang seni lukis. Art Gallery menyediakan kelas-kelas melukis untuk kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang seni lukis. Biayanya cukup Rp. 35.000/2 jam. Uang yang kalian bayarkan nantinya akan digunakan untuk perawatan Art Gallery kembali.

Art Gallery Makassar

Lorong utama di dalam Art Gallery

Art Gallery Makassar

Pak Asis (kepala pengelola Art Gallery)

Hari ini saya ditemani oleh Pak Asis, kepala pengelola Art Gallery yang sangat ramah. Panjang lebar saya dikenalkan oleh beliau tentang Art Gallery dan seni lukis pada hari ini. Dari beliau saya bisa membedakan antara menggambar dan melukis. Terima kasih, pak.

Silahkan kalian jalan-jalan juga ke Pantai Losari di Makassar. Kalian bisa ke bangunan Art Gallery dan minta untuk dilukis dengan berlatar belakang sunset Pantai Losari. Sebuah cenderamata seni yang bisa kalian dapatkan saat berliburan di Makassar.

(Visited 2,247 times, 1 visits today)


About

Saya adalah salah seorang penggiat social media di Makassar. Aktif memanfaatkan social media sejak tahun 2012. Berusaha memanfaatkan social media lebih dari media pertemanan.


'Art Gallery, Bangunan Seni ditengah Pantai Losari' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool