Air Terjun Parang Loe, Tempat Tersembunyi Yang Indah

Air Terjun Parang Loe, Tempat Tersembunyi Yang Indah
5 (100%) 1 vote

Selain Taman Nasional Bulusaraung yang didalamnya terdapat air terjun Bantimurung di kabupaten Maros yang dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun asing rupanya ada juga air terjun yang saat ini menjadi trending topik dikalangan para traveler yaitu air terjun Parang Loe

Air terjun yang letaknya sekitar 43 km dari kota Makassar, tepatnya di kecamatan Parang Loe, kabupaten Gowa ini mempunyai keunikan tersendiri. Air terjunnya bertingkat-tingkat, tersusun dari lapisan bebatuan yang terekspos secara alami setinggi + 30 m. Dan, airnya berasal dari sebuah sungai selebar 15-20 m yang beraliran deras. Airnya jernih, adem, sekelilingnya hutan hijau, kalau membelakangi air terjun, kelihatan satu gunung di kejauhan muncul di balik pepohonan.

Pemandangan dari atas Air Terjun Parang Loe

Pemandangan dari atas Air Terjun Parang Loe

Butuh perjuangan lumayan kalau mau ke sana. Jalanan mulai berat ketika memasuki daerah sekitar bendungan Bili-bili. Jalanan yang berlubang-lubang akibat banyaknya truk bermuatan pasir dan batu berlalu-lalang. Setelah lewati bendungan Bili-bili, 20 menit kemudian kita musti tanya-tanya ke orang yang ada disitu, kemana jalan menuju air terjun Parangloe? Karena ga ada tanda-tanda petunjuk arah atau informasi tertulis yang menunjukkan keberadaan air terjun Parangloe disana.

Jalur yang dilalui untuk menuju Air Terjun Parang Loe

Jalur yang dilalui untuk menuju Air Terjun Parang Loe

Untuk mencapai lokasi ini sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri atau sewaan, bisa mobil atau motor. Di Jalan Poros Malino km 41, ambil belokan ke kiri masuk ke kompleks Kantor Dinas Kehutanan Parangloe. Parkir kendaran di sana dan dari pintu gerbang kantor dinas ada sebuah jalan berbatu yang cukup luas untuk dilalui. Namun jalan ini sulit dilalui pada musim hujan karena sebagian jalannya tergenang air dan sisanya bebatuan. Dari sini, mulailah berjalan kaki masuk ke hutan kira kira 2 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Jalan menuju lokasi ini masih tanah, berbatu, dan turun naik tidak bisa ditempuh oleh kendaraan biasa, kecuali kendaraan offroad. Belum cukup sampai di situ, untuk mencapai pangkal sungai di mana ada air terjunnya, kita mesti melewati jalur yang cukup curam dengan kemiringan 30-45 derajat dan bersemak-semak.

Jalur menuju Air Terjun Parang Loe

Jalur menuju Air Terjun Parang Loe

Pemandangan luar biasa yang menyambut kita setelah menempuh medan berat rasanya bakalan terbayar. Pantas kalau air terjun Parangloe seperti surga dunia tersembunyi di balik belukar. Air terjun susun biasa disebut oleh kalangan traveler ini menyajikan pemandangan yang luar biasa sehingga membuat kita berdecak kagum ketika berda disana. Tetapi ada yang mesti kita waspadai ketika sudah berada disana yaitu air bah.

Air Terjun Parang Loe

Air Terjun Parang Loe

Air Terjun Parang Loe

Air Terjun Parang Loe

Menurut cerita warga sekitar sudah banyak orang yang menjadi korban dari air bah tersebut bahkan warga sekitar pun pernah menjadi korbannya dan kesemua korbannya tak ada yang selamat. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pihak pengelola, warga sekitar dan Tim SAR dengan memperingatkan secara lisan maupun tulisan kepada para pengunjung untuk tetap waspada terhadap datangnya air bah.

Prasasti salah satu korban air bah

Prasasti salah satu korban air bah

Papan Peringatan tentang Waspada Air Bah

Papan Peringatan tentang Waspada Air Bah

(Visited 866 times, 1 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Air Terjun Parang Loe, Tempat Tersembunyi Yang Indah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool