agrowisata latuppa

Agrowisata Latuppa, Destinasi Wisata Favorit di Palopo

Agrowisata Latuppa, Destinasi Wisata Favorit di Palopo
5 (100%) 2 votes

Setiap wilayah atau daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing, pun demikian dengan kota Palopo. Kota Palopo merupakan Ibu Kota Kabupaten Luwu yang berjarak 362 km dari kota Makassar dan dapat ditempuh selama 7 hingga 8 jam perjalanan menggunakan bis antar kota dalam propinsi. Di Sulawesi selatan, Palopo adalah daerah ketiga teramai setelah Makassar dan Parepare.

Pariwisata di kota Palopo cukup menjanjikan, mulai dari wisata sejarah, kuliner hingga wisata alam baik itu pegunungan maupun bahari. Ini dikarenakan kondisi geografis kota Palopo yang terdiri dari daratan rendah, pantai dan pegunungan. Luas wilayah kota Palopo adalah 247,52 Km2 yang berbatasan dengan Kabupaten Luwu di bagian Selatan dan Utara, Kabupaten Tanah Toraja di bagian Barat dan Teluk Bone di bagian Timur.

agrowisata palopo

Serunya bermain air di Agrowisata Latuppa

Dari sekian banyak wisata alam yang ditawarkan kota Palopo, kali ini kita akan berkunjung ke Agrowisata yang terletak di kawasan Latuppa yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Palopo. Selain sungai Boting, Latuppa merupakan salah satu sungai yang membelah kota Palopo dan memasok kebutuhan air bersih masyarakat kota Palopo.

Kawasan Agrowisata Latuppa berada pada ketinggian 200 mdpl dan terkenal sebagai daerah penghasil buah-buahan. Sepanjang jalan menuju Agrowisata kita akan disuguhi keindahan alam bernuansa pegunungan dengan hawa sejuk. Pada musim buah, pemandangan ini ditambah dengan jejeran pohon durian, langsat, dan rambutan dengan buah yang lebat.

agrowisata latuppa di palopo

Tersedia payung, kursi dan gazebo yang tersebar di sekitar kolam

Saat ini, Agrowisata Latuppa lebih populer dengan wisata permainan air yang ramai dikunjungi saat weekend, libur sekolah atau libur hari raya. Tersedia lima kolam renang yang diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak dengan kedalaman kolam yang berbeda-beda. Kolam renang ini mampu menampung hingga 500 pengunjung.

Ada beberapa wahana yang disediakan oleh pihak pengelola seperti : Wahana SPLASH di mana kita dapat bercanda ria sambil menunggu ember tumpah, wahana RACING SLIDE, dan wahana KOLAM ARUS. Ada juga beberapa seluncuran yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Menyenangkan sekali berseluncur di wahana tersebut kemudian bermain-main air sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan.

Jika tidak membawa pakaian renang, di dalam area kolam terdapat semacam toko yang menyediakan aneka ukuran pakaian renang dan pelampung untuk anak-anak. Sayang sekali, tidak tersedia penyewaan jadi bila membutuhkannya, anda harus membeli. Di toko ini juga dijual jajanan kue-kue, permen, minuman dingin hingga es krim yang menggoda. Kita bahkan juga bisa memesan mie instan yang disiram air panas.

Sehabis berenang biasanya sih akan terasa lapar. Nah, jangan khawatir, masih di dalam area kolam juga terdapat sebuah café yang menawarkan sajian makanan dan minuman untuk pengunjung yang membutuhkannya. Mulai dari cemilan semacam ubi dan pisang goreng hingga makanan berat misalnya nasi goreng atau mie goreng.

AgroWisata Palopo

Happy… happy … happy di Agrowisata Latuppa

Selain wisata permainan air, sebenarnya Agrowisata Latuppa sendiri merupakan kawasan wisata yang menyajikan suguhan pemandangan alam kawasan pertanian dengan aktivitasnya secara lengkap. Aktivitas pertanian ini dimulai dari persiapan lahan, menanam, memelihara, memanen dan mengolah hasih panen sampai siap dipasarkan. Menarik bukan? Kita bahkan dapat membeli produk jadi tersebut sebagai ole-ole.

Jika kita berkunjung ke kawasan Agrowisata Latuppa saat bertepatan masa panen buah, akan diberikan kesempatan menikmati hasil panen buah-buahan seperti rambutan aceh, rambutan rapiah, durian, langsat, manggis dan buah-buahan lainnya. Semua segar karena dipetik langsung dari pohonnya. Dan yang lebih menyenangkan lagi, semua bisa dinikmati secara gratis sebagai keistimewaan yang diberikan kepada pengunjung Agrowisata Latuppa.

Nah, jika telah melakukan perjalanan jauh ataupun tidak ingin buru-buru pulang dan mau memperpanjang liburan, di sini juga tersedia sarana penginapan yaitu Agro Wisata Hotel dengan harga kamar yang terjangkau. Kamarnya dilengkapi dengan AC, TV, shower dan sebagainya. Tersedia juga sejumlah sarana dan prasarana seperti arena jogging, lapangan tenis, dan mandi di sungai atau pun di kolam renang, arena outbond, cottage dengan taman air mancur, gazebo, kolam renang dan ruang pertemuan untuk acara workshop, family gathering hingga acara keagamaan.

agrowisata hotel di palopo

Agrowisata Hotel di kawasan wisata Latuppa

Fasilitas Agrowisata Latuppa memang cukup lengkap, ada penginapan, taman buah-buahan, parkir yang lumayan luas, waterbom, plus konsepnya menawarkan suasana alam yang asri dan nyaman yang dapat anda nikmati bersama keluarga ataupun sahabat. Jadi, bagi anda yang hobi traveling, bolehlah memasukkan Agrowisata Latuppa di Palopo sebagai salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan.

(Visited 1,468 times, 1 visits today)

Tagged: ,


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Agrowisata Latuppa, Destinasi Wisata Favorit di Palopo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool