soloraya

Accera Kalompoang, Wujud Cinta dan Penghormatan Terhadap Leluhur

Accera Kalompoang, Wujud Cinta dan Penghormatan Terhadap Leluhur
5 (100%) 1 vote

Melestarikan nilai-nilai budaya adalah tentu kewajiban bagi kita semua, budaya yang berekembang serta adat istiadat dalam suatu daerah tidak bisa lepas begitu saja. Bahkan budaya-budaya ini erat maknanya dengan nilai yang begitu sakral, penghormatan kepada leluhur serta pengagungan kepada Sang Pencipta. Walaupun terkadang tidak sejalan dengan kebenaran tapi tetap sarat makna akan kebaikan. Ya, itulah budaya.

Seperti yang satu ini, Accera Kalompoang. Accera Kalompoang adalah acara adat yang merupakan ritual dan dilakukan oleh masyarakat Gowa, dari mereka yang masih memiliki garis keturunan Raja Gowa. Accera Kalompoang diperuntukkan untuk membersihkan dengan memberi persembahan serta penghormatan kepada leluhur, yang mana disertai beberapa ritual lainnya. Adapun perangkat adat dan tamu ataupun pengunjung yang ingin mengikuti acara ini diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat Makassar; Jas tutup, songkok tobone/pamiring dan sarung untuk laki-laki serta baju bodo dan sarung untuk perempuan.

Acara ini biasanya dirangkaian dengan Idul Qurban sebagai penyelarasan antara ritual budaya dan Islam sebagai agama yang dikenalkan oleh Raja Gowa yang pertama menganut ajaran Islam, Sultan Alauddin.

Dalam upacara adat ini ada beberapa tahap atau ritual yang harus dilakukan, yakni;

pasukan gowa

Allekka Je’ne

Alleka Je’ne adalah prosesi pengambilan air dari 3 sumur yang dianggap merupakan sumber air suci. Ketiga sumur tersebut merupakan sumur bertuah yang memiliki fungsi berbeda. Pengambilan air ini dilakukan dengan iringan doa-doa kepada pencipta dan para leluhur pada saat matahari belum terlalu terik, pagi hari antara jam 07.30 -09.00 atau dikenal dengan istilah Sitonrang Bulo oleh masyarakat setempat.

Ammolong Tedong

Ammolong Tedong adalah prosesi penyembelihan hewan qurban yang diyakini sebagai penolak bala. Prosesi ini dilakukan pada saat matahari mulai naik dan berada di pertengahan bumi atau dikenal dengan istilah Allang Lino. Adapun sebelumnya hewan qurban tersebut diarak mengelilingi istana dan dimasukkan dalam tempat khusus untuk ritual penyembelihan, kemudian beberapa bagiannya diambil untuk melengkapi ritual berikutnya.

Appidalleki

Appidalleki adalah persembahan atau sesajian kepada leluhur yang dihantar dengan doa-doa sebagai bentuk rasa syukur kepada kehadirat Allah SWT. Kegiatan ini dilaksanakan pada saat posisi matahari telah tenggelam dengan baik. Dan pada prosesi ini hanya untuk dihadiri oleh kalangan keluarga raja saja.

salokoa

Allangiri Kalompoang

Allangiri Kalompoang adalah peluruhan segala sifat-sifat jelek manusia serta penanaman keyakinan tentang kesucian. Adapun dalam Allangiri Kalompoang ini ada beberapa ritual yang melengkapinya. Seperti Annyossoro, pencucian pusaka-pusaka Kerajaan Gowa dan Annimbang, penimbangan pusaka-pusaka tersebut yang mana berat atau tidaknya hasil penimbangan pusaka-pusaka tersebut menentukan pertanda baik atau buruknya tingkat kehidupan rakyat dimasa yang akan datang. Allangiri Kalompoang merupakan prosesi akhir dari seluruh rangkaian acara Accera Kalompoang serta saat dimana diperlihatkannya pusaka-pusaka Kerajaan Gowa untuk terakhir kalinya sebelum disimpan dan dicuci kembali saat Accera Kalompoan tahun depan.

pusaka kerajaan gowa

kalung manilaTentu saja acara ini terbuka untuk umum, selain sebagai wujud dari rasa syukur dan ajang silahturahim bagi keluarga dan kerabat Raja Gowa selepas Idul Adha, juga sebagai ungkapan ketulusan dan sedekah dengan berbagi hewan qurban.

Tertarik? Jangan lewatkan setiap tahunnya di Balla Lompoa, kediaman Raja Gowa, Sungguminasa – Gowa, di tanggal yang sama dengan perayaan Idul Adha. Dan jangan lupa persiapkan Baju Bodo’ mu untuk dapat masuk dan mengikuti acara tersebut.

Accera Kalompoang

(Visited 392 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Accera Kalompoang, Wujud Cinta dan Penghormatan Terhadap Leluhur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool