wisata bantaeng

8 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Bantaeng

8 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Bantaeng
5 (100%) 3 votes

Salah satu primadona baru dalam dunia pariwisata di Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Bantaeng. Kabupaten yang berjuluk Butta Toa ini berbatasan langsung dengan Jeneponto dan Bulukumba. Dari kota Makassar, jaraknya sekitar 120 km dan dapat ditempuh selama 3-4 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Bantaeng merupakan daerah yang kaya akan tempat wisata alam dan budaya. Kondisi geografis yang unik dari Kabupaten Bantaeng menjadikannya memiliki beragam lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, komplit plit mulai dari gunung, air terjun, perkebunan, waduk hingga pantai. Jalan yang mulus dan fasilitas umum yang terus diperbaiki sangat memanjakan warganya termasuk para wisatawan yang berkunjung. Nah, saya rekomendasikan beberapa objek wisata alam Bantaeng yang sayang untuk dilewatkan.

Permandian Alam Eremerasa

wisata alam bantaeng

Permandian Alam Eremerasa (Gambar: marannuwisata.blogspot.com)

Permandian Alam Mata Air Ere Merasa (ERMES) merupakan salah satu destinasi wisata alam Bantaeng yang populer. Pemandian ini terletak di Desa Kampala, Kecamatan Ere merasa dan berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Bantaeng. Untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan keindahan hamparan sawah dan hijaunya alam Bantaeng.

Permandian ini merupakan permandian alam karena sumber airnya adalah mata air alami yang kemudian ditampung dalam kolam buatan dan dijadikan kolam renang, tersedia kolam renang dewasa dan anak-anak. Airnya jernih dan sejuk sekali bahkan cenderung dingin seperti air dari kulkas. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk anda yang tidak terbiasa berenang di air dingin. Di sekitar kolam renang terdapat aliran air yang keluar langsung dari akar-akar pohon besar yang telah berumur ratusan tahun. Aliran ini membentuk air terjun kecil dan sungai kecil.

 

 

Air Terjun Bissapu

wisata alam bantaeng

Air Terjun Bisappu (Gambar: beritabantaeng.com)

Air terjun Bisappu terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Kota Bantaeng. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke sana. Tapi jangan khawatir, jalannya lumayan bagus dengan pemandangan alam yang indah meskipun harus melalui tanjakan berkelok-kelok.

Air Terjun Bisappu merupakan air terjun tertinggi di Bantaeng, hampir mencapai 50 meter. Dikelilingi pepohonan yang masih asri dan gemuruh suara air terjun yang merobek keheningan alam. Dari tempat parkir, anda harus melewati sejumlah anak tangga yang tersusun ke bawah untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Pantai Seruni

wisata alam bantaeng

Pantai Seruni (Gambar: rakyatbersatu.com)

Pantai Seruni yang merupakan ikon wisata alam Bantaeng ini berada di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng. Letaknya yang strategis dalam kota Bantaeng hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menuju ke sana melalui jalan poros. Jika ingin berburu sunset indah, di sinilah tempatnya. Di sepanjang pantai disediakan tempat duduk tembok yang asik buat nongkrong sambil menunggu sunset.

Jika berkunjung ke Pantai Seruni bersama keluarga dan anak-anak, jangan khawatir. Anda bisa bersantai menunggu sunset sambil menikmati jajanan dan anak bisa bermain. Di sini tersedia sarana rekreasi anak-anak seperti mengendarai scuter, naik odong-odong keliling alun-alun, bendi/dokar hias, jungkit, sepeda hias, ayunan, perosotan dan lain-lain. Banyak juga warga Bantaeng yang memanfaatkan jogging track dan fasilitas olahraga yang ada di Pantai Seruni.

 

tiket mudik murah

 

Pantai Marina Korong Batu

wisata alam bantaeng

Pantai Marina (Gambar: solid.or.id)

Pantai lainnya yang terkenal dari Kabupaten Bantaeng adalah Pantai Marina Korong Batu, sebuah pantai dengan pasir putih yang terletak di Dusun Korong Batu, Desa Baruga ,Kecamatan Pa’jukukang. Jaraknya sekitar 18 km dari kota Bantaeng dengan waktu tempuh 20-30 menit saja. Di sini anda bisa melakukan berbagai wisata air misalnya berenang, banana boat, voli pantai dan lain-lain. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling sepanjang pantai.

Waduk Cekdam Balangsikuyu

wisata alam bantaeng

Waduk Cekdam Balangsikuyu (Gambar: content.public.beetalkmobile.com)

Fungsi utama waduk ini sebenarnya adalah untuk menghalau banjir di kabupaten Bantaeng sekaligus sebagai cadangan air pada saat musim kemarau. Tetapi, sekarang fungsinya bertambah satu lagi yaitu sebagai tujuan untuk wisatawan yang suka memancing. Anda bisa memancing ikan nila di sini sambil menikmati suasana waduk Cekdam Balangsikuyu. Jadi jangan lewatkan wisata alam bantaeng yang buatan satu ini ya.

Agrowisata Strawberri dan Apel

wisata alam bantaeng

Agrowisata Apel dan Strawberry (Gambar: ucokeren.blogdetik.com)

Berada di kemiringan dataran tinggi Loka dengan ketinggian 1216 mdpl dan hawa sejuk bahkan cenderung dingin hingga 18 derajat celcius menjadikan lokasi ini sangat indah. Agrowisata ini berada di Dusun Muntea, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, jaraknya sekitar 16 km dari kota Bantaeng dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Anda bisa memetik buah strawberi dan apel yang segar langsung dari pohonnya. Jika cuaca sedang cerah dan tak berkabut, anda akan mendapatkan bonus pemandangan indah dari puncak bukit.

Hutan Wisata Gunung Loka

wisata alam bantaeng

Hutan Wisata Gunung Loka (Gambar: kotaksurat.wordpress.com)

Perjalanan menuju Hutan Wisata Gunung Loka dapat ditempuh selama 90 menit dengan kendaran bermotor. Lokasi wisata alam Bantaeng ini terletak di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere yang berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Bantaeng. Jalannya mendaki dan berkelok-kelok sehingga anda harus berhati-hati. Karena berada di ketinggian, udaranya pun dingin jadi jangan lupa bawa jaket ya. Tempat lainnya yang bisa dikunjungi adalah Loka Camp yang menyediakan fasilitas outbond dan resort dengan konsep pelatihan alam bebas.

Gua Batu Ejayya

wisata alam bantaeng

Gua Batu Ejayya (Gambar: lifestyle.okezone.com

Gua Batu Ejayya adalah sekumpulan Batu yang besarnya beranekaragam yang memiliki ukuran sangat besar dan lumayan tinggi, terletak di Desa Campagaloe, Kelurahan Bonto Jaya, Kecamatan Bissappu. Jaraknya sekitar 16 km dari kota Bantaeng dan dapat ditempuh dalam waktu 30-40 menit .

 

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

 

Gua Batu Ejayya berarti Gua Batu Merah, nama ini diambil karena warnanya yang tampak kemerahan jika dipandang dari kejauhan. Di salah satu wisata alam Bantaeng ini, anda bisa melihat gambar telapak tangan, dan beberapa kerang serta sejumlah artefak purbakala. Gua ini dikelilingi bebatuan karst dengan ketinggian puncak gua sekitar 32 meter.

**

Jadi, jika berniat mengeksplore Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk memasukkan kabupaten Bantaeng sebagai tujuan wisatamu. Kabupaten ini memiliki pesona tersendiri mulai dari keramahan penduduknya, kuliner hingga keindahan alamnya. Ayo ke Bantaeng!

(Visited 16,692 times, 13 visits today)


About

Social Media Junkie | Urban Farmer | Moody Chef | Moody Blogger | Admitted as a Backpacker


'8 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Bantaeng' have 1 comment

  1. May 22, 2016 @ 2:06 am Awal

    mantap mintong tawwa..mantapki ia ka kampungku hahahaha

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool