7 Ole-Ole Khas Makassar yang Wajib di Bawa Pulang ke Rumah!

7 Ole-Ole Khas Makassar yang Wajib di Bawa Pulang ke Rumah!
4.5 (90%) 4 votes

Salah satu agenda wajib saat berlibur ke suatu daerah adalah berburu ole-ole unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut, entah untuk dijadikan sebagai souvenir bagi keluarga dan sahabat ataupun sebagai hadiah untuk diri sendiri dan penanda bahwa sudah pernah berkunjung ke daerah tersebut.

Makassar sendiri memiliki beberapa jenis barang dan makanan yang dapat dijadikan sebagai ole-ole khas makassar. Ragam ole-ole khas makassar ini dapat diperoleh di beberapa pasar tradisional maupun pasar modern, bahkan ada toko yang memang khusus menjual ole-ole tersebut. Yang paling populer tentu saja adalah jalan Somba Opu. Di jalan ini, berderet belasan toko yang menyediakan ole-ole khas Makassar mulai dari makanan, minuman, kopi, baju, kain tenun, hingga pernak pernik kerajinan tangan.

Agar tidak bingung dalam memilih dan kantong tidak jebol karena hasrat untuk membeli semua ole-ole tersebut, ada baiknya menyimak apa saja yang direkomendasikan untuk dibawa pulang sebagai ole-ole khas Makassar.

 

Kain Tenun

Seperti daerah lainnya, Makassar juga memiliki kain tradisional dengan perpaduan warna dan corak yang khas. Yang populer menjadi ole-ole khas makassar adalah kain tenun Toraja dan kain sutera Sengkang. Ole-ole ini cocok untuk wanita yang menyukai berburu kain bahan baju. Bukan hanya dalam bentuk kain saja, tapi juga tersedia dalam bentuk dompet, tempat lipstik dan make up, sarung, kemeja, tas selempang, selendang dan gaun.

Untuk mengenali kain tenun Toraja bisa melihat motif, warna dan teksturnya. Semakin rumit motifnya tentu waktu pengerjaan akan semakin lama dan harganya akan semakin mahal. Untuk pewarnaan, ada yang menggunakan pewarna dari alam atau pewarna sintetis. Harganya tentu juga berbeda.

Sedangkan untuk kain sutera Sengkang, umumnya mengkilap dan tidak mudah kusut. Motifnya pun beragam seperti sutera jumputan, sutera polos, sutera ikat, sutera kristal, sutera limbah dan sutera lembut. Jenis kainnya bervariasi, yang paling murah tentu saja adalah kain semi sutra yaitu campuran katun dan sutra hingga yang 100% sutra. Harganya pun beragam, mulai dari 35 ribu hingga 200 ribu per meternya.

 

 

Kaos khas Makassar

Biasanya jika berkunjung ke suatu kota, orang akan mencari kaos yang bertuliskan nama kota tersebut, atau bangunan terkenal yang ada di kota tersebut. Nah di Makassar pun banyak dijual kaos seperti itu, misalnya gambar makanan khas Makassar, pantai Losari, Karebosi, gambar Tongkonan, perahu Phinisi, Bantimurung, Samalona atau hanya tulisan I Love Makassar.

 

ole-ole khas makassar

Aneka ole-ole Makassar yang wajib kamu bawa pulang

 

Pernak pernik

Nah ini adalah ole-ole andalan para traveler, umumnya berupa gantungan kunci, gelang, stiker, kartu pos hingga tempelan kulkas. Harganya murah jadi bisa dibeli dalam jumlah banyak dan tidak makan banyak tempat hingga bawanya gampang. Ada juga miniature rumah Toraja, kerajinan tangan Toraja, tau-tau Toraja, miniature kapal Phinisi, dan boneka mungil dengan pakaian adat Bugis Makassar yang bisa dijadikan ole-ole khas makassar.

 

Minyak Gosok Cap Tawon

Minyak gosok ini merupakan salah satu ole-ole paling populer dari Makassar. Minyak gosok cap tawon terdiri dari 2 jenis yaitu tutup merah dan tutup putih. Khasiatnya sama saja, yang membedakan adalah pada minyak tawon tutup putih panasnya terasa lebih kuat dan harganya pun lebih mahal. Minyak gosok tawon ini dijual dalam berbagai ukuran mulai dari kemasan terkecil 30 ml hingga ukuran super besar yakni 330 ml.

 

tiket mudik murah

 

Kopi Toraja

Ini adalah ole-ole khas makassar favorit untuk para pecinta kopi, ada yang dibungkus plastik, kotak kayu atau kemasan karton ala kadarnya dengan ukuran kemasan yang berbeda-beda. Rasa kopinya sangat kuat dan aromanya yang khas membuat kopi Toraja jadi sangat laku, setidaknya ada ada 3 jenis kopi Toraja yang dijual di pasaran yaitu Arabica, Robusta, dan campuran dari keduanya.

 

Makanan Khas: Pisang Ijo, Otak- Otak, Nyuknyang, Jalangkote dan Lumpia

Ada berapa makanan khas Makassar yang bisa dikemas rapi dan bisa dibawa pulang sebagai buah tangan yang lezat, misalnya otak-otak, nyuknyang, jalangkote, lumpia dan pisang ijo.

Salah satu tempat makan pisang ijo yang terkenal adalah warung Bravo di jalan Andalas. Bisa makan di tempat atau dikemas dan dibawa pulang sebagai ole-ole. Sedangkan untuk otak-otak, direkomendasikan otak-otak Ibu Elly di jalan Kijang dan Otak-otak Ibu Sanny di Jalan Singa. Antriannya terkadang panjang, jadi sebaiknya pesan sehari sebelumnya.

Ada juga yang menjadikan nyuknyang sebagai ole-ole khas makassar. Yang terkenal tentu saja nyuknyang Ati Raja, pusatnya terletak di jalan Gunung Merapi. Tersedia pilihan bakso kasar, bakso kotak, bakso halus dan bakso goreng setengah matang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Kemasan nyuknyang Ati Raja berisi 5 porsi atau 10 porsi, dan sudah dikemas dalam kardus yang cantik.

Jalangkote dan lumpia merupakan jajanan populer di Makassar, banyak dijual di toko- toko sepanjang Jalan Lasinrang. Jika membeli, sebaiknya sampaikan bahwa akan dibawa sebagai ole-ole. Biasanya akan diberi pilihan jalangkote dan lumpia yang digoreng setengah matang. Yang menjadi favorit adalah jalangkote Lasinrang dan lumpia Sulawesi.

 

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

 

Sirup DHT dan Sirup Markisa

Ini dia sirup favorit sepanjang masa dari Makassar. Sirup DHT telah berpuluh tahun digunakan sebagai penyempurna tampilan dan rasa manis si pisang ijo. Tersedia dalam kemasan kaca ukuran 620 mL dan kemasan plastik 2 L dan 5 L. Jika ingin menjadikan sirup DHT sebagai ole-ole sebaiknya bawa yang kemasan plastik saja. Salah satu sirup lainnya yang juga sering dijadikan ole-ole khas makassar adalah sirup markisa cap Bola Dunia. Rasanya asam segar dan teksturnya agak bebrbeda dengan sirup Markisa khas Medan.

Nah bagaimana, sudah siap berburu ole- ole di Makassar?

(Visited 24,184 times, 1 visits today)


About

Social Media Junkie | Urban Farmer | Moody Chef | Moody Blogger | Admitted as a Backpacker


'7 Ole-Ole Khas Makassar yang Wajib di Bawa Pulang ke Rumah!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool