7 Kuliner Ini Yang Bikin Kangen Makassar

7 Kuliner Ini Yang Bikin Kangen Makassar
Vote Us

Bicara tentang Kota Makassar tak bisa dilepaskan dari berbagai macam kuliner yang sangat khas. Kota yang terkenal dengan sajian kuliner berbahan daging seakan seperti magnet yang dengan cepat menarik para pelancong makanan untuk mencicipinya. Makanya tak salah jika Makassar merupakan salah satu surga kuliner di Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai variasi kuliner lainnya yang dijamin bisa menggoyang lidah.

Siapa sih yang dapat menahan godaan makanan yang isinya daging salah satunya Coto Makassar. Tak sedikit para pengunjung yang telah merasakan masakan khas Makassar menjadi kangen dan ingin mencobanya lagi lain waktu. Apalagi bagi sobat yang pernah tinggal di Kota Makassar, pasti setiap ada waktu luang ingin kembali mencicipinya lagi dan lagi.

Berikut ini adalah daftar kuliner Makassar yang selalu menggoda dan bikin kangen :

1. Pallumara

pallumara | Sumber : https://www.instagram.com/p/BKxVXKDAniE/?tagged=pallumara

Nikmatnya Seporsi Ikan Pallumara

Bagi sobat yang doyan ikan, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Ikan Pallumara atau biasa dikenal dengan nama Pallu Kacci adalah makanan berbahan dasar ikan yang dimasak dengan kuah kuning yang bening. Kuahnya yang asem segar dan pedas ditambah cita rasa yang ikannya sangat mampu menggugah nafsu makan sobat traveler. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat lagi, Pallumara paling mantap dimakan saat masih hangat.

2. Pallubasa

pallubasa | Sumber : https://www.instagram.com/p/BKhj1p2BT4B/

Porsi Lengkap Pallubasa dengan Kuning Telur

Jika sebagian orang mengenal makanan daging di Makassar hanya Coto dan Konro. Kali ini mari berkenalan dengan Pallubasa yang merupakan saudara dekat Coto Makassar. Pallubasa menggunakan bahan dasar daging sapi dan jerohan dalam penyajiannya hanya saja yang membedakan dengan Coto adalah bumbunya. Kekuatan aroma kelapanya akan langsung menyeringai gurih melewati kerongkongan sobat traveler. Jika Coto disajikan dengan ketupat, maka Pallubasa disajikan dengan seporsi nasi yang membuatnya makin sedap.

3. Kapurung

kapurung | Sumber : https://www.instagram.com/p/BLirKi_h9VB/

Lezatnya Kapurung

Buat sobat yang sedang menghindari makanan berlemak ataupun daging, kali ini ada satu makanan yang cocok sobat santap namanya adalah Kapurung. Makanan yang berasal dari tanah luwu ini adalah makanan yang terbuat olahan sagu dengan aroma bumbu patikala dan jeruk perut. Bentuknya yang bulat, kenyal dan lembut berpadu dengan beragam sayuran dan kuah ikan parede mampu menyihir mulut untuk tak berhenti menyantapnya.

4. Nasu Palekko

nasu-palekko | Sumber ; https://www.instagram.com/p/BFtP_Wlv8OZ/

Pedas dan Lezatnya Nasu Palekko

Buat yang doyan makanan pedas, tidak ada salahnya mencoba makanan ini namanya adalah Nasu Palekko. Makanan terbuat dari cacahan daging itik ataupun daging ayam ini mampu membuat lidah sobat bergetar hebat karena bumbunya yang super duper pedas. Walaupun rasanya pedas tapi Nasu Palekko sangat digemari oleh semua kalangan.

5. Sop Konro

konro | Sumber : https://www.instagram.com/p/BKxrsnfAXmf/

Konro Bakar dan Sop Konro

Di antara makananMakassar berbahan daging sapi ataupun kerbau, Sop Konro adalah rajanya. Potongan iga yang dimasak berjam-jam hingga empuk dan kuahnya yang segar nan kental semakin menambah cita rasanya. Rasa kuahnya yang sedap bersama dagingnya semakin menambah kenikmatan saat melewati tenggorokan.

6. Bakso Salemo

bakso-salemo | Sumber : https://www.instagram.com/p/3gOSWLLX9j/

Musim Dingin Paling Mantap Makan Bakso Salemo

Jika umumnya kita mengenal bakso dengan bentuknya yang bulat-bulat kenyal dan tekstur halus yang diseduh kuah kaldu yang hangat. Di Makassar ada bakso yang bentuknya persegi, namanya adalah bakso Salemo. Bentuknya yang unik merupakan ciri khasnya dan jenisnya pun ada dua macam yaitu bakso halus dan bakso kasar. Bakso halusnya benar-benar halus, bakso kasarnya pun begitu kenyal di lidah. Cara makanannya pun sama tapi rasanya kurang lengkap menyantap Bakso Salemo tanpa Sambal Kuning khas Makassar.

7. Coto Makassar

coto-makassar | Sumber : https://www.instagram.com/p/BI6fLDAAsSg/?taken-by=cotomakassar_daengacok

Coto Makassar

Kalau yang ini tidak perlu ditanya lagi, inilah ikon makanan yang paling populer di Kota Makassar namanya adalah Coto Makassar. Makanan dengan Potongan-potongan jeroan bercampur daging sapi atau kerbau ini pas disantap dengan ketupat. Bukan cuman dagingnya tapi kuahnya pun tidak kalah nikmatnya apalagi jika ditaburi dengan bawang goreng dan seiris jeruk nipis.

Bagaimana sobat, apa sudah ada yang lapar atau kangen dengan makanan makassar? buat yang sedang merantau mungkin sering atau banyak menemukan makanan yang serupa tapi ketahuilah makanan diatas tidak lengkap rasa dan suasananya jika bukan di makan di tempat asalnya, Makassar.

(Visited 386 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'7 Kuliner Ini Yang Bikin Kangen Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool