Tempat Wisata di Makassar

5 Wisata Ekonomis Ketika Tanggal Tua

5 Wisata Ekonomis Ketika Tanggal Tua
Vote Us

Tanggal tua bagi sebagian orang yang perekonomiannya termasuk kategori menengah ke bawah merupakan sinyal untuk menghemat uang. Pengeluaran yang besar adalah masa-masa di mana otak akan berputar sedemikian rupa guna memaksimalkan uang yang tersisa. Jangankan berpikiran untuk refreshing, memikirkan biaya kebutuhan sehari-hari sudah dibuat pusing.

“Hidup tuh butuh traveling, biar hidupmu gak garing”, kutipan dari salah seorang teman. Kedengarannya memang benar adanya, apalagi buat kita yang hidup di tengah hiruk pikuk perkotaan yang padat seperti Kota Makassar. Menyegarkan pikiran dari segala rutinitas adalah hal mutlak. Tapi yang jadi pertanyaan terbesar adalah “Dimana kita bisa liburan saat tanggal tua melanda?”.

Tenang dulu sob, Makassar juga punya beberapa spot destinasi wisata yang ekonomis dan tentu saja tidak kalah ramainya dari tempat wisata yang terkenal. Untuk membantu biar hidup tidak monoton di tanggal tua, berikut beberapa tempat refreshing yang efektif dan ekonomis yang ada di Kota Makassar :

1. Menikmati Sunset di Pantai

Tempat Wisata di Makassar

Menikmati Sunset di Pantai Losari | Source : https://www(dot)instagram(dot)com/p/BJabWqtA8LH/?tagged=pantailosari

Bicara soal Makassar tentunya kita bicara juga soal pantainya yang terkenal apalagi kalau bukan Pantai Losari. Pantai Losari adalah ikon Kota Makassar, dan juga terkenal sebagai pantai terbaik untuk menikmati sunset karena langsung menghadap ke arah barat dimana matahari tenggelam. Waktu terbaik datang di Pantai ini adalah sore hari tentunya, sambil menunggu sunset kita bisa berkeliling pantai losari melihat beragam aktifitas dan hiburan dari beberapa komunitas di Makassar.

Cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp.2000 – Rp.5000 yang juga termasuk uang parkir, kamu sudah bisa berkeliling Pantai Losari merasakan desiran ombak dan angin laut. Jangan lupa membawa bekal sendiri kalau ingin berhemat soalnya tidak ada penjual makanan disini, kecuali kalau ingin merasakan jajanan khas Makassar yaitu Pisang Epe. Dengan biaya Rp.10.000 kamu sudah bisa menikmati sepiring Pisang Epe de pinggir Pantai Losari sambil menunggu hadirnya sunset.

2. Berkeliling Lakkang

Tempat Wisata di Makassar

Siap-siap Menuju Pulau Lakkang | Souce : https://www(dot)instagram(dot0com/p/_ZVgcvp98i/?tagged=lakkang

Buat yang hobi ke tempat-tempat baru dan anti-mainstream tapi terkendala dana. Makassar punya salah satu tempat wisata yang asli belum tersentuh pembangunan modern, namanya Desa Lakkang yang terletak di Pulau Lakkang. Pulau Lakkang berada tepat di kampus Unhas, tapi untuk menuju ke pulau ini kamu harus melewati Sungai Tallo yang cukup besar.

Sebenarnya tidak tepat dikatakan sebagai pulau karena sebenarnya Lakkang adalah daratan yang sebagian dikelilingi oleh sungai sehingga terlihat sebagai pulau. Akses ke Lakkang memang lebih banyak lewat sungai Tallo yang lebar.

Untuk menuju Lakkang, kamu bisa menggunakan perahu bermotor milik warga sekitar. Cukup dengan membayar Rp.5000 per orang kamu akan diantarkan langsung menuju Lakkang. Waktu yang ditempuh untuk mencapai Lakkang kurang lebih sekitar 20 menit menyusuri Sungai Tallo. Sejauh mata memandang, perjalananmu di sungai akan disambut oleh pemandangan rimbunnya pepohonan di pinggir sungai dan beragam aneka satwa.

Perlu diketahui, masyarakat di Desa Lakkang ini sangat ramah terhadap pendatang yang berkunjung ke desanya. Di Lakkang kita tidak hanya menemukan nuansa pedesaan saja tetapi kita akan belajar sejarah bahwa Jepang dulunya pernah singgah di Lakkang dengan adanya beberapa bunker di Lakkang.

3. Memancing Ikan di Danau

Tempat Wisata di Makassar

Source : http://eksepsionline(dot)com/wp-content/uploads/2014/11/pppp.jpg

Memancing bagi sebagian orang adalah kegiatan yang membosankan, tapi tunggu hal ini akan berbeda rasanya jika kita memancing bersama-sama dengan teman. Selepas bekerja sepanjang hari, akhir pekan adalah waktu yang tepat berkumpul bersama memancing ikan di Danau Balangtonjong atau Danau kampus Unhas.

Memancing ikan bukan hanya soal memancing lalu dibawa pulang ke rumah untuk dikonsumsi. Memancing adalah cara terbaik melatih kesabaran diri, air danau yang tenang dengan hembusan angin yang sejuk dibawah pohon yang rindang, cukuplah untuk merelaksasi pikiran-pikiran yang berkecamuk selama seminggu.

4. Berkeliling Taman

Tempat Wisata di Makassar

Berwisata sambil Belajar Berkebun | Source : https://www(dot)instagram(dot)com/p/BC-Hsq8CKaK/?tagged=tamanmaccinisombala

Apa yang lebih murah dan memberikan kesehatan baik jasmani atau rohani? Jawabannya adalah taman, kenapa bisa? di Makassar terdapat beberapa taman kota yang layak kamu kunjungi sebagai tempat melewati waktu-waktu jenuh dari runtuitas yang padat. Di antaranya adalah Taman Macan, Taman Hasanuddin dan Taman Maccini Sombala.

Cukup bermodalkan uang parkir kamu sudah bisa berkeliling melihat indahnya aneka tumbuhan. Di Taman Macan dan Taman Hasanuddin terdapat area Jogging Track yang bisa digunakan untuk lari sore. Sedangkan di Taman Maccini Sombala kamu bisa mendapati berbagai macam tumbuhan, baik sayur dan buah yang ditanam secara hiltikultura.

5. Belajar Sejarah di Museum

Tempat Wisata di Makassar

Koleksi Senjata di Museum La Galigo | Souerce : https://picture(dot)triptrus(dot)com/image/2014/06/museum-negeri-la-galigo-4.jpeg

Mendengar kata museum, kebanyakan orang langsung berpikir tentang ingatan atau kisah yang terjadi di masa lalu. Museum Kota Makassar, Museum Lagaligo, dan Museum Pattingalloang adalah tempat yang akan membangunkan kembali khazanah pengetahuan kamu tentang semangat perjuangan para pendahulu kita demi nusa dan bangsa yang tercinta ini.

Museum Kota Makassar memajang artefak sejarah tentang perkembangan kota makassar dari masa ke masa. Museum Lagaligo menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat terdahulu dengan berbagai macam koleksi etnografi nya. Dan Museum Pattingalloang yang mengkisahkan bagaimana kehidupan Kerajaan Gowa-Tallo yang tersohor di nusantara sebagai kerajaan maritim terbesar.

Mengenai biaya, bisa dikatakan cukup murah untuk wisata sejarah di tanggal tua. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 kamu sudah bisa memperoleh banyak ilmu tentang bagaimana kehidupan di masa lalu.

Jadi? Berwisata di tanggal tua tetap bisa dilakukan, bukan? Jangan pernah menganggap kalau wisata harus selalu menguras kantong karena buktinya, kita tetap bisa menikmatinya meski kantong sedang kempes. Yuk ah, kita berwisata sob!

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 902 times, 2 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'5 Wisata Ekonomis Ketika Tanggal Tua' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool