5 Tokoh Asal Sulsel Yang Terkenal Hingga Ke Luar Negeri

Vote Us

Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah salah satu provinsi terbesar dan terpadat di luar Jawa. Dalam sejarah Indonesia, Sulawesi Selatan juga sudah menggoreskan banyak tinta emas. Ada banyak kejadian dan tokoh-tokoh dari Sulawesi Selatan yang mewarnai sejarah bangsa ini, baik sejak masa pergerakan hingga masa pembangunan dan masa sekarang.

Berikut ini adalah lima Tokoh Sulawesi Selatan yang menasional dan menorehkan tinta emas dalam sejarah Indonesia bahkan terkenal hingga ke luar negeri.

tokoh asal sulses

Syekh Yusuf Tuanta Salamaka

Syech Yusuf

Beliau lahir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tanggal 3 Juli 1626. Nama lengkapnya adalah:  Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani. Dalam sejarah Indonesia, namanya tercatat sebagai ulama besar yang melawan penjajahan kolonial Belanda selepas masa kejayaan Kerajaan Gowa.

Karena sikapnya yang keras kepala melawan penjajah Belanda itulah, beliau kemudian ditangkap dan diasingkan ke Cape Town, Afrika Selatan. Dalam masa pengasingan, beliau tetap kukuh menyebarkan ajaran Islam. Sampai sekarang di wilayah Cape Town tersebut ada satu kampung yang bernama kampung Makassar. Dari Sulawesi Selatan, nama besar Syech Yusuf ternyata merebak sampai ke Afrika Selatan.

 

Jenderal M. Yusuf

Jenderal M. Jusuf

Terlahir dengan nama Andi Muhammad Jusuf Amir di Kajuara, Kabupaten Bone 23 Juni 1928, M. Yusuf menjadi salah satu tokoh besar negeri ini, khususnya jika berbicara soal Surat Perintah Sebelas Maret (SUPERSEMAR).  Bersama Mayor Jenderal Basuki Rachmat dan Brigadir Jenderal Amirmahmud, tiga jenderal ini mengetahui isi dan keberadaan surat sakti yang dianggap ikut mengubah jalannya sejarah Indonesia.

M. Jusuf awalnya adalah seorang gerilyawan yang ikut berjuang bersama Kahar Muzakkar di hutan-hutan Sulawesi Selatan melawan tentara Belanda dan sekutunya. Selepas masa kemerdekaan, bersama komandannya Kahar Muzakkar, M. Jusuf ikut ke Jawa dan lalu berdiam di sana meneruskan karir militernya.

Ketika Kahar Muzakkar dianggap memberontak melawan pemerintah Indonesia, M. Jusuflah yang kemudian ditunjuk untuk menumpasnya. Ketika masa krisis antara 1966-1968, M. Jusuf banyak mengambil peran dan bahkan dianggap tahu sejarah di balik terbitnya SUPERSEMAR yang kontroversial itu. Hingga akhir hayatnya dia tetap bungkam soal itu meski terus didesak untuk menceritakannya.

Jusuf pernah menjabat sebagai panglima ABRI dan di masa pemerintahannya para prajurit dijamin kesehatan dan kesejahteraannya. Adalah hal yang lazim ketika banyak tentara tua mengenang beliau sebagai sosok yang tak terlupakan dan mungkin tak tergantikan. Dalam sejarah militer Indonesia, tokoh Sulawesi Selatan satu ini adalah salah satu legenda.

Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI saat ini adalah satu tokoh asal Sulsel yang jadi tokoh nasional. foto JusufKalla dotinfo

Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI saat ini adalah satu tokoh asal Sulsel yang jadi tokoh nasional. foto JusufKalla dotinfo

Jusuf Kalla

Lahir di Watampone, Kabupaten Bone 15 Mei 1942 dari pasangan pedagang besar: Hadji Kalla dan Hajjah Athirah, Jusuf Kalla mewarisi bakat dagang orang tuanya. Sedari muda Jusuf Kalla sudah terlihat memiliki bakat dagang yang besar, di belakang hari bakat itu semakin menonjol ketika dia dipercaya meneruskan usaha keluarganya: NV. Hadji Kalla.

Di masa orde baru Jusuf Kalla memulai karir politiknya sebagai anggota DPR/MPR. Lalu di awal masa reformasi dua kali dia menjadi menteri. Satu kali di era Gus Dur ketika dia menjadi menteri perindustrian dan perdagangan (tapi diberhentikan di tengah jalan), dan di masa pemerintahan Megawati dia menjadi Menteri Koordinator Ekonomi dan Keuangan.

Selepas itu Jusuf Kalla lalu berpasangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi wakil presiden Republik Indonesia. Di masa kedua pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla memang sudah tidak menjadi wakil presiden lagi. Dia baru kembali ke istana wakil presiden ketika bersama Joko Widodo memenangkan pemilihan presiden tahun 2014.

Tak pelak, Jusuf Kalla adalah tokoh Sulawesi Selatan dengan karir politik tertinggi hingga saat ini.

tokoh sulawesi selatan

Quraish Shihab

Quraish Shihab

Terlahir di Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang tanggal 16 Februari 1944, Quraish Shihab yang berasal dari keluarga keturunan Arab Quraisy, tumbuh menjadi salah seorang intelektual Islam terkemuka negeri ini.

Menempuh pendidikan di Mesir sejak muda dan menyelesaikan S1, S2 dan doktornya di Universitas Al-Azhar, universitas Islam tertua di dunia, tokoh asal Sulsel di bidang keagaamaan ini menjadi ahli tafsir yang banyak menerbitkan buku-buku yang tidak hanya diakui di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional.

Beliau pernah menjadi menteri agama di masa akhir pemerintahan Soeharto. Sekarang selain menjadi pengajar, Quraish Shihab juga masih aktif memberikan ceramah ilmiah, ceramah agama dan tentu saja menulis buku.

Riri Riza salah satu tokoh asal Sulsel. foto: kapanlagi dotcom

Riri Riza

Tokoh asal Sulsel berikutnya adalah Riri Riza. Lahir di Makassar 2 Oktober 1970, pria bernama lengkap Mohammad Rivai Riza ini menjadi salah seorang sutradara papan atas di Indonesia. Sebagian besar hidupnya memang dihabiskan di Jakarta, tapi tidak serta merta membuat akar dan budaya Sulawesi Selatannya tercerabut.

Nama Riri Riza mulai dikenal publik perfilman Indonesia ketika menyutradari film Petualangan Sherina di tahun 2000. Sejak saat itu berturut-turut film-filmnya menjadi jaminan mutu dan beberapa bahkan laku keras di pasaran. Sebut saja film biopik tentang tokoh Soe Hok Gie berjudul Gie (2005) dan film Laskar Pelangi (2008) yang sempat menjadi film Indonesia terlaris sebelum digeser oleh Warkop Reborn.

Tahun 2016, Riri Riza terpilih sebagai sutradara terbaik di ajang Festival Film Indonesia. Film besutannya yang berjudul Athirah juga terpilih sebagai film terbaik di ajang tersebut. Riri Riza adalah tokoh Sulawesi Selatan yang bersinar di kancah perfilman tanah air, bahkan di internasional.

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar

Itulah tokoh asal Sulsel yang namanya tenar hingga ke luar negeri. Tentu masih ada tokoh-tokoh lain yang belum sempat saya sebutkan. Ada yang mau menambahkan?

 

(Visited 555 times, 2 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'5 Tokoh Asal Sulsel Yang Terkenal Hingga Ke Luar Negeri' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool