Toko Legendaris di Makassar

5 Toko Legendaris Di Makassar

Vote Us

Lima tahun terakhir ini banyak perubahan yang telah terjadi di Makassar, atau jangankan lima tahun, tiga tahun terakhir-saja-lah. Kendaraan semakin banyak, hotel-hotel semakin memadati sudut kota, rumah makan kian menjamur, kafe semakin bertebaran, minimarket sepeti jamur di musim hujan (hallah), revitalisasi terjadi dimana-mana, dan semoga saja tingkat ke-jomblo-an semakin berkurang. Aamiin…

Makassar dengan jumlah penduduk lebih dari 1,6 juta jiwa ini kian kemari semakin berkembang dan memperbaiki diri. Kota Anging Mammiri ini semakin membuat saya jatuh hati, walaupun, ya, tidak dipungkiri ada sudut hati yang menyisakan luka di sana, seperti bangunan-bangunan tinggi yang mulai menenggelamkan keindahan sunset di Pantai Losari. Tapi sudahlah, toh semua akan indah pada waktunya XD. Demikian Makassar masih menyimpan sejuta pesona dan keunikan yang mungkin saja tidak kamu ketahui, misalnya beberapa bangunan, toko-toko, warung atau rumah makan yang melegenda di kota ini.

Bukan saja karena memang toko-toko tersebut telah berdiri sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi toko-toko ini cukup fenomenal di kalangan warga kota Makassar ini sendiri karena memang unik dan beberapa, hanya di toko-toko tersebutlah jalinan emosional terhadap kota Anging Mammiri ini terjalin;

1. Toko Ada

Toko Legendaris di Makassar ini telah berdiri sejak lebih kurang 50 tahun yang lalu. Sebuah bangunan yang tidak mengalami banyak perubahan sejak dulu hingga sekarang ini terletak di jalan Gunung Latimojong. Interior dan lemari display-nya pun tidak banyak berubah, masih tetap seperti dulu, selain beberapa ditambahkan dengan lemari-lemari yang baru. Di tempat ini kamu bisa mendapatkan berbagai alat dan bahan untuk seni kriya. Ya, Toko Ada menjual kebutuhan –alat dan bahan- untuk kriya. Sayangnya saat ini, di Toko Ada tidak lagi menyediakan tempat untuk belajar macam kerajinan tangan lagi seperti; merajut, sulam, atau pun jenis kerajinan tangan lainnya. Saat ini Toko Ada lebih memilih untuk menjadi penjual saja.

Toko Legendaris di Makassar

2. Toko Ende

Siapa yang tidak kenal dengan Toko Ende di kota ini? Sebuah toko legendaris di Makassar yang berdiri sejak tahun 80-an dan terletak di jalan Karunrung, tepatnya ujung perempatan antara jalan Karunrung, jalan DR. Sutomo dan Lasinrang. Di toko ini menjual berbagai macam jenis kue, dari kue tradisional hingga kue modern, dari jajanan pasar hingga beberapa penganan khas Makassar. Dari dulu hingga sekarang, toko ini tidak pernah sepi pengunjung walaupun tidak semua kue yang dijual di toko ini adalah hasil produksi sendiri, kebanyakan kue-kue titipan.

Toko Legendaris di Makassar

3. Baji Pamai

Dalam bahasa Makassar, Baji Pamai berarti perasaan yang baik, hati yang senang. Sepintas toko serba ada ini layaknya toko serba ada yang lainnya. Tapi jika kamu perhatikan, hanya di toko inilah semua model iklan produknya adalah orang yang sama, seseorang yang cukup percaya diri tampil di setiap media iklan dari toko ini. Dan kamu jangan kaget, jika kamu beruntung kamu akan bertemu langsung dengan model iklan tersebut, yang tiba-tiba saja ia muncul di sampingmu dengan tatapan penuh cinta, senyumnya yang menawan, serta wangi yang semerbak sambil menawarkanmu kartu kredit XD. Bisa dipastikan dia adalah pemilik dari toko Baji Pamai ini.

Ohya, di Baji Pamai ini selain toko serba ada, juga menjual berbagai kebutuhan membuat kue, dari bahan hingga peralatan lengkap di sini. Dan menjual kudapan-kudapan yang mungkin saja tidak kamu dapatkan di toko-toko lain. Toko Baji Pamai terletak di jalan Ranggong Daeng Romo nomor 8, Makassar.

Toko Legendaris di Makassar

foto ini sudah saya edit XD

4. Toko Halim

Ketika berkunjung ke rumah nenek saat saya masih kecil, saya sering sekali diajak ke toko legendaris di Makassar ini. Toko yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi saat itu karena termasuk toko serba ada yang banyak menjual mainan. Satu yang khas dari Toko Halim adalah toko ini menjual kiloan mie basah berbagai ukuran, produksinya sendiri. Toko masih tetap bertahan hingga sekarang, percaya diri dan tidak peduli dengan mini marketmini market yang suka tipu-tipu yang kian menjamur.

Kabarnya Toko Halim ini milik dari satu dari tiga saudara warga keturunan Tionghoa yang cukup sukses dengan produksinya masing-masing. Toko ini terletak di ujung perempatan jalan Sungai Saddang, jalan Gunung latimojong dan jalan Gunung Nona. Oh ya, di depan toko ini juga mangkal penjual bakso Toraja yang sangat lezat, Bakso Marten namanya.

Toko Legendaris di Makassar

5. Toko Ujung

Naah!… inilah salah satu toko legendaris di Makassar yang cukup fenomenal, letaknya memang di ujung jalan dan kebetulan pemiliknya saya kenal, tapi gak tahu kalo dia kenal saya juga, apa nggak haha. Toko Ujung ini terkenal dengan kopi jualannya, tidak hanya menjual kopi tapi juga meraciknya sendiri, dan salah satu orang yang begitu mengerti dan mencintai tentang kopi-kopi-an bisa kamu temui di Toko Ujung ini, namanya John Chendra. Jangan ditanya seberapa terpercaya dia untuk berbagi cerita tentang kopi, kamu yang oon soal kopi ajah akan antusias menyimak ketika dia sudah mulai berbagi cerita tentang biji-biji kopi yang menakjubkan.

Selain kopi, di toko yang sudah berdiri sejak 1900 ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas Makassar, dilengkapi dengan fasilitas bungkus oleh-oleh. Jadi, jika satu saat kamu berkunjung ke Makassar dan kamu butuh oleh-oleh datang saja ke sini, perempatan jalan Somba Opu dan jalan Wahab Taru, lalu sampaikan salam saya pada kakak John Chendra.

Toko Legendaris di Makassar

Menyenangkan, bukan? Makanya kalau ke Makassar, jangan lupa mampir di toko-toko legendaris di Makassar tersebut. Selamat jalan-jalan dan bersenang-senang.

foto: Berbagai sumber
Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 1,305 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'5 Toko Legendaris Di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool