5 Tempat Shalat Idul Fitri Yang Ramai di Makassar

Vote Us

Satu kegiatan yang paling ditunggu saat Hari Raya Idul Fitri adalah salat Ied berjamaah. Pada hari itu masjid-masjid akan penuh sesak oleh jamaah bahkan saking ramainya tak jarang salat ied dilakukan di lapangan hingga jalan raya. Pemandangan seperti menjadi hal lumrah di Indonesia, terutama di Kota Makassar yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Salat Ied adalah salah satu rangkaian penting saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Salat ini dilakukan pada pagi hari. Biasanya salat ini dilakukan di lahan terbuka yang luas seperti lapangan, taman, hingga jalan raya di  di masjid. Tak sedikit masjid-masjid raya menjadi sasaran para jamaah untuk melakukan shalat ied bersama keluarga dan kerabat lainnya. Berikut ini adalah beberapa tempat salat Ied yang ramai di Kota Makassar.

1. Masjid Al Markaz Al Islami

Shalat Ied di Masjid Al Markaz Makassar

Shalat Ied di Masjid Al Markaz Makassar

Tempat pertama yang menjadi pilihan favorit salat Ied warga Makassar adalah Masjid Al Markaz Al Islami yang terletak di Kelurahan Timungan Lompoa Kecamatan Bontoala. Masjid termegah di kawasan Indonesia Timur ini memiliki kubah yang berbeda dengan masjid pada umumnya. Kubahnya tidak bulat, akan tetapi persegi empat dengan keseluruhan bangunannya berwarna hijau. Selain itu, masjid ini memiliki area pekarangan yang sangat luas dan ditanami beberapa pohon rindang.

Secara kapasitas, Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah pada saat shalat idul fitri. Karena hal ini pulalah banyak warga Makassar memilih melaksanakan shalat idul fitri di masjid ini. Sedikit tips buat kamu yang berencana shalat ied disini adalah datang lebih awal sebelum shalat subuh. Karena biasanya setelah shalat subuh, akses menuju masjid ini akan dipadati para jamaah yang datang berbondong-bondong baik dari dalam kota maupun luar kota. nah pada momen ini biasanya antriannya akan mengular hingga 2 kilometer.

2. Masjid Raya Makassar

Pembacaan Khutbah Sepeas Shalat Ied di Masjid Raya Makassar

Pembacaan Khutbah Sepeas Shalat Ied di Masjid Raya Makassar

Beralih ke jalan berikut atau lebih tepatnya kearah barat Masjid Al Markaz, di ujung jalan veteran terdapat masjid terbesar kedua di Makassar yaitu Masjid Raya Makassar yang memiliki luas area sebesar 14.000 meter persegi dan memiliki dua lantai utama untuk beribadah. Pada saat lebaran, masjid ini dapat menampung 10.000 jamaah shalat idul fitri didalam area masjid.

Pada saat jamaah semakin banyak yang menyebabkan kapasitas masjid penuh, biasanya panitia mengarahkan ribuan jamaah lainnya untuk menyambung shaf di halaman masjid hingga jalanan. Mereka yang ingin mendapatkan shaf di dalam masjid biasanya harus datang beberapa jam lebih awal sebelum salat Ied dimulai, dan bahkan ada jamaah yang rela menginap di masjid agar mendapatkan shaf di deretan depan.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

3. Lapangan Karebosi Makassar

Suasana Shalat Ied Di Lapangan Karebosi Yang Dilihat Dari Udara

Suasana Shalat Ied Di Lapangan Karebosi Yang Dilihat Dari Udara

Sejatinya didekat lapangan Karebosi Makassar tidak terdapat masjid besar di sekitarnya untuk shalat idul fitri tapi karena ini merupakan area publik maka tidak jarang, lapangan ini sering dijadikan tempat shalat idul fitri ketika lebaran bagi warga Makassar. Secara total kapasitasnya, lapangan karebosi, dapat menampung lebih dari 80.000 jamaah untuk shalat ied.

Selain karena karena luasnya dan besarnya area lapangannya, tak jarang tokoh-tokoh pemerintahan di Sulawesi Selatan ataupun ulama tanah air selalu menyempatkan shalat disini. Untuk kamu yang ingin merencanakan shalat di lapangan karebosi, ada baiknya datang lebih awal sebelum shalat ied dimulai dan juga antisipasi padatnya jalanan yang dipenuhi kendaraan jamaah yang ingin datang ke lapangan karebosi.

4. Anjungan Pantai Losari

Suasana Shalat Idul Fitri Di Pantai Losari Tahun Lalu

Suasana Shalat Idul Fitri Di Pantai Losari Tahun Lalu

Untuk tempat shalat yang terakhir adalah anjungan pantai losari. Awal pertama Losari dijadikan tempat shalat ketika terjadinya fenomena gerhana matahari di tahun 2016. Setelah itu, baru pada Idul Fitri tahun 2016, Losari untuk pertama kalinya dijadikan sebagai tempat shalat ied oleh pemerintah Kota Makassar. Dengan berkaca dari tingginya animo masyarakat yang datang shalat ied pada tahun lalu yang mencapai 10.000 jamaah. Rasanya anjungan Pantai Losari akan kembali melaksanakan shalat idul fitri di tahun 2017. Jadi tidak ada salahnya kamu untuk mencoba datang ke Losari untuk shalat idul fitri tahun ini.

(Visited 77 times, 17 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'5 Tempat Shalat Idul Fitri Yang Ramai di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool