5 Ruang Publik Ini Cocok Untuk Rileksasi Jiwa dan Pikiranmu

5 Ruang Publik Ini Cocok Untuk Rileksasi Jiwa dan Pikiranmu
Vote Us

Sebuah kota biasanya identik dengan bangunan-bangunan tinggi megah dan segala aktivitas warganya, tidak peduli siang dan malam berganti. Di tengah hiruk pikuk kehidupan kota yang besar seperti Makassar, tentu rasanya kita sebagai warga merasa lelah untuk bepergian ke tempat wisata yang lumayan jauh dari Makassar. Dan tentunya keberadaan ruang publik bisa menjadi alternatif lain yang mungkin bisa dicoba.

Kenapa kita butuh ruang publik? karena selain bermanfaat untuk mengurangi degradasi lingkungan kota yang diakibatkan banyaknya pembangunan, juga memiliki fungsi estetika untuk relaksasi, olahraga, ataupun ruang belajar terbuka. Lebih daripada itu keberadaan ruang publik ternyata bisa membantu kita untuk mengenal interaksi antara lingkungan dan sosial. Berikut ini adalah 5 Ruang Publik yang bisa menjadi pilihan liburan kamu :

1. Lapangan Karebosi

lapangan-karebosi | Sumber : http://3.bp.blogspot.com/-v29Grr6rGak/TeSDD3szXoI/AAAAAAAAANE/8qTGT1qwyBM/s1600/SPM_A1263.jpg

Jogging Track di Lapangan Karebosi

Semua warga Makassar pasti mengenal Lapangan Karebosi. Lapangan yang terletak di Jalan Ahmad Yani yang juga kerap disebut sebagai alun-alun kota ini merupakan tempat favorit warga berolahraga di akhir pekan. Selain itu adanya pohon-pohon rindang menambah kemesraan didalamnya, udara perkotaan yang penuh dengan asap seakan dishir menjadi udara sejuk disini.

Walaupun letaknya berada di tengah perkotaan, Lapangan Karebosi selalu ramai dikunjungi warga. Inilah yang menjadi pembeda wajah perkotaan. Dan juga Lapangan Karebosi hampir tiap pekannya selalu mengadakan event-event besar baik dari para penggiat event ataupun komunitas-komunitas anak muda Makassar.

2. Lapangan Hasanuddin

lapangan-hasanuddin | Sumber ; google maps

Lapangan Hasanuddin

Ada satu lagi ruang publik yang tidak kalah ramainya yaitu Lapangan Hasanuddin yang berada 1 km dari Lapangan Karebosi di Jalan Jenderal Sudirman. Sama halnya dengan lapangan karebosi tapi lebih difungsikan sebagai tempat kegiatan olahraga namun tidak jarang juga dijadikan tempat pagelaran event-event besar seperti konser musik dari artis ternama.

Letaknya yang berada di pinggir jalan, tidak menyurutkan keasrian lapangan ini yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang. Di samping itu terdapat beberapa spot gazebo di mana kita bisa duduk bersantai menikmati udara segar sambil melihat aktivitas orang-orang berolahraga. Jika mau, di Lapangan Hasanuddin juga terdapat spot gym sederhana buat kamu yang mau streching otot-otot di tubuhmu.

3. Kampus UNHAS

kampus-unhas | Sumber : http://1.bp.blogspot.com/-8UO9ZHcB6wk/URyb5uqyj1I/AAAAAAAABIA/HqEEj2I7TJU/s1600/81.8+boulevard+Unhas.JPG

Hijaunya Kampus Unhas

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar nama UNHAS? Benar, itu adalah sebuah universitas di Makassar. Jangan salah, meskipun sebuah kampus ternyata UNHAS merupakan paru-paru Kota Makassar dalam hal zona hijau. Hampir seluruh wilayah kampus tertutupi oleh rindangnya pohon-pohon berakar kuat. Saat pertama memasuki pintu gerbangnya pun kita akan disambut oleh deretan pohon-pohon besar yang mengantarkan kita menuju pusat kampus.

Kondisi seperti ini pastilah merupakan idaman setiap orang. Bisa bersantai di bawah rindangnya pohon, sejuknya angin, dan suara gesekan ranting-ranting pohon yang merdu membuat kita bisa sejenak merelaksasikan diri. Keasrian di dalam wilayahnya sangat terasa saat kamu duduk-duduk santai di bawah rindang pepohonan yang berada di banyak titik. Selain itu buat yang suka jogging, UNHAS juga memiliki jogging track yang menghubungkan setiap fakultas yang ada didalamnya.

4. Lapangan Syekh Yusuf

lapangan-syekh-yusuf | Sumber : http://www.baki-news.com/foto_berita/92016-03-11_180338.jpg

Lapangan Syekh Yusuf

Satu lagi lapangan yang harus coba kunjungi saat memiliki waktu di akhir pekan. Kenapa akhir pekan? Karena hanya di waktu inilah Lapangan Syekh Yusuf nampak begitu ramai. Lapangan yang terletak di Sungguminasa, Kabupaten Gowa ini atau sekitar 5 Km dari perbatasan Malengkeri-Somba Opu, merupakan tempat favorit warga Sungguminasa untuk melepas penat.

Seperti lapangan pada umumnya, sejauh ini Lapangan Syekh Yusuf sudah mengalami banyak perubahan dan terlihat lebih bagus lagi diantara memiliki ladang rumput buatan dan kebun bunga yang mengelilingi tiap lapangan, atau yang ingin bersantai terdapat sebuah gazebo yang terletak persis dibawah pohon yang rindang. Tidak salah jika tempat ini selalu saja ramai, dan puncaknya ketika di akhir pekan.

5. Pantai Losari

pantai-losari-city-of-makassar | Sumber ; https://ceritaeka.com/2015/05/06/pagi-di-pantai-losari/

Pantai Losari

Satu lagi tempat yang jadi ikon kota Makassar, tempat yang ini rasanya sayang jika tidak dimasukkan dalam tempat favorit yang paling banyak dikunjungi. Pantai yang berada di ujung barat Kota Makassar memiliki magis yang besar, karena selain besar juga merupakan tempat terbaik melihat sunset yang indah.

Walaupun tempat ini tidak serindang tempat-tempat lainnya, tapi keunikan dan keindahan pantai ini selalu saja menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sayang rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Losari saat sedang berada di Makassar.

(Visited 180 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'5 Ruang Publik Ini Cocok Untuk Rileksasi Jiwa dan Pikiranmu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool