Takjil di Makassar

5 Menu Pappabuka Terpopuler di Makassar

5 Menu Pappabuka Terpopuler di Makassar
5 (100%) 1 vote

Berpuasa di bulan Ramadhan tentu punya tantangan tesendiri. Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, saat tiba waktu berbuka puasa, ingin rasanya menyantap semua makanan menggugah selera. Namun jika dituruti tentu bisa mengakibatkan perut menjadi kram. Karenanya sebelum tiba waktu berbuka puasa, tentukanlah menu pappabuka yang akan disantap nantinya.

Lain ladang, lain ilalang, lain pula belalangnya. Demikian kata pepatah untuk menggambarkan keaneka ragaman tradisi, budaya maupun kuliner yang ada di Indonesia. Begitupun dengan menu takjil atau pappabuka, lain daerah lain pula menu yang banyak dihidangkan ketika berbuka puasa. Menu pappabuka biasanya berupa kudapan yang manis-manis ataupun penganan khas daerah tersebut.

Di Makassar sendiri yang terkenal dengan kekayaan kulinernya, cukup banyak ragam penganan atau kudapatan yang biasa dihidangkan ketika berbuka puasa. Namun ada beberapa yang menjadi primadona sehingga seakan tidak pernah absen di meja makan ketika tiba waktunya berbuka puasa. Menu-menu pappabuka yang biasanya mudah ditemui tersebut adalah:

1. Pisang Ijo

Pisang Ijo

Siapa yang tidak kenal pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau ini? Rasa pisang dan flanya yang manis memang sangat menggoda. Apalagi jika ditambahkan dengan sirup pisang ambon (DHT) khas Makassar, semakin menambah kenikmatannya.

Boleh dibilang, kuliner ini merupakan jawara sebagai menu pappabuka terfavorit di Makassar. Jika di bulan biasa yang menjual pisang ijo hanya kios/warung tertentu saja, di bulan Ramadhan pisang ijo sangat mudah ditemui. Ini karena banyak muncul penjual kue dadakan yang menyajikan menu pappabuka di mana pisang ijo jadi menu andalan.

2. Pallu Butung

Pallu Butung

Pallu butung, lebih mirip dengan pisang ijo

Pappabuka satu ini mirip dengan pisang ijo. Bedanya adalah pisang disajikan tanpa balutan tepung berwarna hijau. Setelah direbus, pisang disajikan dengan dipotong-potong kemudian disiram dengan fla/bubur sum-sum seperti pada pisang ijo. Agar lebih nikmat, bisa ditambahkan es serut dan sirup pisang ambon serta susu.

3. Pallu Golla

Pallu Golla

Pallu golla atau kolak, menu wajib di acara-acara tertentu dalam tradisi Bugis-Makassar

Sebenarnya menu yang satu ini banyak ditemui di daerah lain di Indonesia. Pallu golla dalam bahasa Indonesia adalah kolak. Dalam tradisi Bugis-Makassar, hidangan ini adalah wajib dalam acara-acara untuk memulai sesuatu. Seperti memulai menempati rumah baru, atau menu pertama ketika puasa Ramadhan. Konon karena rasanya yang manis, diharapkan semuanya akan berakhir manis juga. 😀 Bahan baku yang biasa digunakan untuk membuat pallu golla antara lain pisang, ubi atau labu.

4. Es Buah

Es Buah

Es buah dengan tambahan agar-agar, sagu mutiara dan cincau

Walaupun namanya es buah, tidak semua bahan campuran yang digunakan dari buah. Hanya sekitar 2 atau 3 jenis buah saja yang digunakan, tergantung buah yang lagi musim. Umumnya, buah yang digunakan adalah pepaya, melon, semangka, timun suri atau blewah. Daging buah dipotong-potong berbentuk dadu kemudian dicampur dengan potongan agar-agar dan ditambahkan dengan sirup untuk menguatkan rasanya. Kadang juga ditambahkan dengan sagu mutiara, kolang-kaling dan atau cendol.

Es buah ini pun sangat mudah dijumpai di bulan Ramadhan. Seperti pisang ijo, pappabuka ini banyak dijual dipinggir jalan oleh penjual takjil dadakan.

5. Jalangkote

Jalangkote

Menu pappabuka ini berbeda dengan menu-menu sebelumnya yang rasanya manis dan berkuah. Penganan ini merupakan gorengan, mirip pastel. Perbedaannya terletak di kulit, isi dan teman untuk menikmatinya. Pastel memiliki kulit lebih tebal dengan isian wortel dan bihun serta dinikmati dengan cabe rawit. Sementara jalangkote isinya terdiri dari wortel dan kentang yang dipotong dadu, serta tauge dan bihun. Untuk jalangkote spesial biasanya ada tambahan telur rebus di dalamnya. Jalangkote biasa dinikmati dengan saus sambel cair. Lebih nikmat disantap ketika masih hangat.

Pappabuka satu ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Kadang juga ada yang menjajakannya keliling kompleks perumahan. Namun jika ingin menikmati jalangkote yang lebih enak, datanglah ke Jl. Lasinrang. Di sana banyak berdiri kios-kios yang menyajikan jalangkote sebagai menu utama bersama aneka gorengan lainnya.

==

Menu buka puasa terpopuler di Makassar tersebut di atas bisa dijumpai di pasar Ramadhan. Salah satu pasar Ramadhan yang ramai adalah di Jl. A. Mappanyukki.  Jadi jika ingin mendapatkan menu-menu pa’buka di atas dan juga aneka kudapatan lainnya, bisa datang ke pasar Ramadhan di sana.

Nah, di antara menu-menu pa’buka di atas, yang mana jadi favorit kamu ketika berbuka puasa?

(Visited 636 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'5 Menu Pappabuka Terpopuler di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool