menu buka puasa khas makassar

5 Menu Buka Puasa Ala Makassar Yang Bikin Kangen

5 Menu Buka Puasa Ala Makassar Yang Bikin Kangen
4 (80%) 1 vote

Seorang teman baru saja mengabari saya via surel tentang rencananya melakukan perjalanan wisata ke Makassar  pada minggu kedua atau ketiga Ramadhan. Satu hal yang ia wanti-wanti pada saya adalah keinginannya mencoba semua menu buka puasa ala Makassar.  “Gampang! Kabari saya begitu kau tiba” balas saya di surel itu.

Sebagai kota yang memiliki khazanah kuliner yang melimpah, Makassar adalah salah satu destinasi wisata wajib bagi pecinta makanan. Melakukan perjalanan wisata ke Makassar di bulan puasa, anda akan menjumpai beragam menu berbuka puasa ala Makassar. Berikut 5 (lima) menu buka puasa ala Makassar yang akan saya sodorkan pada teman saya tersebut. Juga, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Makassar.

1. Es Pisang Ijo

Cobalah iseng melakukan survei kecil-kecilan pada teman anda yang berdomisili di Makassar tentang menu wajib ketika bukan puasa tiba. Es Pisang Ijo akan menempati urutan teratas. Saya yakin!

Sesuai namanya, Pisang Ijo berbahan dasar pisang dan dibungkus dengan adonan hijau. Es Pisang Ijo disajikan bersama saus berbahan tepung dan sirup DHT yang juga khas Makassar. Kuliner ini akan sangat mudah ditemui saat bulan Ramadhan.

Oh iya, Es Pisang Ijo bisa dikreasikan dengan memilih sirup berwarna lain atau menambahkan susu coklat maupun putih, untuk menambah tampilan dan rasa semakin dahsyat.

es pisang ijo, menu buka puasa khas makassar

Es pisang ijo

2. Jalangkote

Menu buka puasa yang paling dicari di Makassar setelah Es Pisang Ijo adalah Jalangkote. Jalangkote adalah makanan ringan kuliner khas Makassar yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Perbedaan antara pastel dan Jalangkote Makassar salah satunya pada kulitnya. Jika pada pastel kulitnya biasanya sedikit lebih tebal dibandingkan jalangkote.

Selain itu perbedaan lainnya pada cara makannya. Biasanya pastel dimakan bersama cabe rawit sedangkan jalangkote dinikmati bersama sambel cair yang dibuat dari campuran cuka dan cabe.

Secara umum, Jalangkote berisi campuran antara wortel, kentang, tauge, dan laksa yang semuanya ditumis dengan merica, bawang merah, dan bawang putih. Biasanya beberapa Jalangkote ditambahkan potongan telor rebus atau daging cincang.

3. Es Pallu Butung

Es Pallu Butung hampir mirip dengan es pisang ijo. Es Pallu Butung terbuat dari pisang yang sudah dipotong-potong, dimasak dengan santan yang diberi tepung terigu, gula pasir, vanili, serta sedikit garam dan disajikan dengan es serut dan sirop merah.

Perbedaannya Es Pallu Butung dan Es Pisang Ijo terletak pada bungkusan adonan kulit warna hijau. Es Pallu Butung tidak berbungkus adonan kulit berwarna hijau itu. Namun soal rasa sama, sama-sama sangat enak, segar dan nikmat

es palu butung, menu buka puasa khas makassar

Es pallu butung

4. Pisang Epe’

Pisang Epe’ ini adalah salah satu sajian kuliner khas Makassar yang sangat terkenal. Epe’ sendiri dalam bahasa Makassar berarti jepit. Memang dalam pembuatannya, bahan dasar makanan ini yaitu Pisang Kapok dijepit dengan dua belah kayu sebelum disajikan dengan saus berbahan dasar gula aren.

Sebelum di-epe’, pisang kepok yang sudah tua dikupas dan dipanggang di atas bara api, sambil dibolak-balik sampai harum dan matang kecoklatan yang kemudian dipipihkan dengan dua papan kayu hingga gepeng dan lalu dibakar kembali. Setelah itu barulah disajikan dengan saus gula aren. Saus yang semula aslinya adalah gula aren kini mengalami perkembangan dengan munculnya beragam rasa seperti durian, keju, coklat dan milo.

Sangat mudah menjumpai Pisang Epe’ ini di Makassar. Anda bisa menikmati kuliner ini sembari menikmati senja matahari terbenam di Anjungan Pantai Losari. Ada ratusan gerobak penjaja kuliner ini di sepanjang Anjungan Losari.

Pisang Epe, menu buka puasa khas makassar

Pisang Epe’ Makassar
foto @ardianadw

5. Sirup DHT

Kalau empat menu di atas berupa makanan, Sirup DHT ini adalah minuman khas Makassar. Konon, nama DHT sendiri adalah singkatan untuk kalimat ‘Dari Hasil Tangan’ yang berarti dibuat dari olahan rumah tangga.

Sirup ini dibuat oleh PT. DHT yang beralamat di Jln. Macanda Tamarunang no 388 (Poros Teratai Indah Mawang) Kabupaten Gowa. Sirup berwarna merah ini mempunyai rasa manis yang khas dan sering disajikan sebagai bahan kuliner Sulawesi Selatan seperti Es Pallubutung dan Es Pisang Ijo. Sirup DHT juga menjadi bahan campuran untuk membuat es buah.

Nah, dengan tawaran menu buka puasa ala Makassar di atas, saya bisa menjamin teman saya itu, dan juga kalian, yang pernah mencicipi kelima menu di atas suatu saat akan merasa kangen dan merindukan menu buka puasa ala Makassar di atas.

(Visited 444 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'5 Menu Buka Puasa Ala Makassar Yang Bikin Kangen' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool