5 Menu Andalan Saat Sarapan Di Makassar

5 Menu Andalan Saat Sarapan Di Makassar
5 (100%) 1 vote

hellomakassarSudah ada di Makassar? Bingung mau makan apa? Jika memilih hotel sebagai akomodasi tentulah tak perlu repot mencari sarapan. Hotel di Makassar telah menyiapkan paket sarapan sebagai bagian dari fasilitas sewa kamar. Tapi taukah kamu? Mungkin saja beberapa menu ini bisa jadi alternatif menu sarapanmu jika ingin turut merasakan sarapan pagi di Makassar, sebab orang-orang di sini terbiasa sarapan dengan beberapa menu di bawah ini.

nasikuning

Nasi Kuning

Bila di daerah lain budaya menikmati nasi kuning adanya saat malam hari, maka di Makassar menikmati nasi kuning idealnya dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Nasi pulen nikmat, gurih dan kuning ini biasanya ditemani oleh beberapa lauk-pauk; sayur labu, abon, tapalada (pindang) daging dan telur, serundeng dan sambal goreng kering singkong atau kentang.

Walaupun sebenarnya nasi kuning bukanlah kuliner asli dari Makassar, tapi menu yang satu sudah cukup terkenal di sini. Bahkan di beberapa tempat yang menjual nasi kuning telah teruji kenikmatannya, sebut saja Nasi Kuning Ribura’ne jalan Ribura’ne atau Nasi Kuning Kampar di Kampung Parang.

Harga sebungkus nasi kuning: Rp.15.000,- – Rp35.000,-

songkolo

Songkolo

Berbeda dengan nasi kuning, songkolo, sokko atau nasi ketan (putih/hitam) umumnya hanya disajikan bersama serundeng dan teri kacang. Walaupun sederhana, songkolo begitu memikat dengan tambahan sambal tumisnya yang sangat menggoda. Songkolo biasanya terbungkus daun pisang, daun pisang inilah yang menambah cita rasa khas pada songkolo. Namun songkolo tidak hanya sering dijadikan sarapan, juga dijadikan teman begadang. Salah satu songkolo yang dapat dijadikan teman begadang adalah Songkolo Begadang Pannara yang terletang di Jalan Antang Raya, Pannara.

Harga sebungkus songkolo: Rp. 5000,- – Rp.15.000,-

bassang

Bassang

Bassang adalah bubur jagung, jagung yang sudah direndam dan sisihkan kulitnya dimasak dengan santan. Kuah bassang yang dari santan membuat kuliner yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat dengan sedikit rasa manis. Manis dari bassang bukanlah berasalah dari gula, melainkan dari jagungnya. Dan jika menginginkan rasa yang lebih manis, tentu saja tak ada salahnya menambahkan sedikit gula. Tak hanya gula pasir, sekarang bubur jagung bassang ini juga mempunyai opsi topper yang beragam, coklat bubuk dan keju misalnya.

Harga semangkuk bassang : Rp. 5000,- – Rp 15.000,-

barobboBarobbo

Jika bassang manis, maka barobbo adalah bubur jagung yang asin. Tidak hanya jagung, dalam pembuatannya, barobbo juga menggunakan beras, dengan tambahan labu kuning, bayam atau kanggung, suwiran ayam ataupun daging dan yang terpenting adalah santan. Barobbo biasanya dihidangkan bersama teri kacang, ikan asin, dan perkedel jagung. Tentu saja tidak ketinggalan sambal terasi mentah dengan perasan jeruk purut.

Harga semangkuk barobbo: Rp. 15.000 – Rp. 20.000

lontongsayurLontong sayur

Sama halnya dengan nasi kuning, lontong sayur adalah kuliner yang diadopsi dari kuliner luar Makassar. Hampir semua warung nasi kuning juga menjual lontong sayur. Lontong berkuah dari sayur labu siam, ditambah daging dan telur tapalada (pindang), serundeng, abon dan singkong atau kentang kering juga kacang goreng, dapat membuat pagimu jadi menyenangkan. Kebanyakan lontong sayur yang dijual di Makassar adalah resep turunan dari lontong cap go meh, terlebih jika warung yang menjual lontong sayur ini memang warga negara keturunan Tionghoa, seperti warung milik Ibu Elly di jalan Gunung Nona.

Harga sepiring lontong sayur: Rp 15.000,- – Rp. 25.000,-

(Visited 5,265 times, 1 visits today)

About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'5 Menu Andalan Saat Sarapan Di Makassar' have 2 comments

  1. July 27, 2015 @ 10:14 am Dimas Prakoso

    Duh, langsung lapar gara-gara lihat lima menu ini. 🙁

    Reply

    • July 29, 2015 @ 9:57 am unga

      sama mas Dimas… XD

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool