wisata keluarga di Makassar

5 Destinasi Wisata Keluarga di Makassar

5 Destinasi Wisata Keluarga di Makassar
5 (100%) 1 vote

wi•sa•ta v 1 bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dsb); bertamasya; 2 piknik;

Sejak menikah dan memiliki anak, saya tersadar satu hal, tidak banyak tempat wisata di Makassar yang memang diperuntukkan sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Berbeda halnya dengan Bandung atau Malang yang memiliki tempat wisata edukatif yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Berwisata dengan anak akan memberikan banyak manfaat dalam memperat hubungan dan menguatkan kasih sayang antara orang tua dan anak. Selain itu, wisata edukatif dibutuhkan untuk memberikan pengalaman positif bagi anak dan meningkatkan kepekaan serta daya nalar anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Di mana saja destinasi wisata di Makassar yang cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga? Ini dia :

bugis waterpark makassar

Bugis Water Park

Bugis Waterpark Adventure (BWP), berlokasi di dalam komplek perumahan Bukit Baruga Antang, pemukiman yang berada di pinggiran timur kota Makassar. Wahana permainan air ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2012 dan menjadi salah satu tempat wisata di Makassar yang menjadi favorit.

Wahana permainan air yang tersedia adalah Multi Slide dan Free Fall (Tappassorong dan Matanre). Body Slide, Black Hole dan Rafting Slide (Mattulili, Mapettang, Malipunno). Lazy River (wae Massolo). Whirpool (Kollang Pesse). Main Pool (Kollang Toloppo). Kids Pool (Kollang Ana’-ana’).

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di area BWP cukup lengkap. Ada kursi santai bertebaran di sekitar kolam dan lazy river, silakan duduk sesuka hati. Ada lego-lego yaitu pondok kecil yang digunakan tempat bersantai sebelum atau sesudah berenang, tapi ini gak gratis dan akan dikenakan charge.

Nah berhubung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, jadi di area BWP ada food court yang menjual beragam makanan dan minuman. Selain itu tersedia musholla, loker untuk menyimpan barang, toilet yang bersih dan kering serta ruang ganti yang nyaman. Jangan lupa membawa pakaian renang saat berkunjung ke sini karena untuk beberapa wahana diharuskan memakai pakaian renang jika ingin menjajalnya. Tapi jika lupa membawa pakaian renang, tidak perlu khawatir karena tersedia penyewaan baju renang di Bugis Waterpark.

Foto : (Tribun Timur/M Amri)

Foto : (Tribun Timur/M Amri)

Gowa Discovery Park

Salah satu tempat wisata di Makassar untuk keluarga adalah Gowa Discovery Park (GDP) resmi dibuka sejak 15 Desember 2013, dengan mengandalkan tiga wahana utama yaitu waterboom, taman burung dan outbound. GDP buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.30 wita. Khusus Sabtu dan Minggu buka lebih awal yaitu pada pukul 08.30 wita.

Sebelum masuk ke wahana permainan air, bisa berkeliling dulu membawa anak-anak ke Taman Burung sembari bermain bersama burung-burung dan hewan lainnya. Atau bisa juga menjajal area outbond.

Sebagaimana waterboom pada umumnya, di wahana waterboom GDP juga dilarang menggunakan celana jeans jadi jangan lupa membawa pakaian renang ya. Wahana airnya saling berdekatan jadi bisa dicoba semuanya. Yang menyenangkan, di sini ada banyak pilihan kolamnya bahkan untuk bayi dan balita dengan keamanan yang terjamin, di antaranya adalah kolam arus, kolam family, kolam balita, kolam bak tumpah dan kolam sliding.

Fasilitas yang tersedia di GDP adalah gazebo yang teduh di bawah pohon, musholla yang cukup luas, toilet dan ruang ganti serta food court yang menyediakan aneka menu makanan dan minuman.

benteng rotterdam

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam, yang dulunya bernama Benteng Ujungpandang, berlokasi tidak jauh dari Pantai Losari. Benteng merupakan satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Fort Rotterdam dibuka untuk pengunjung mulai pukul 08.00-18.00. Bangunan tua yang adalah di dalam benteng terawat dengan baik,ada jugaa museum La Galigo yang buka setiap hari Selasa- Minggu pukul 08.00-12.30 dengan koleksi benda-benda sisa kebesaran kerajaan terdahulu.

Yang paling menyenangkan adalah area tamannya. Dengan rumput hijau yang rapi dan bersih, di sini menyenangkan sekali untuk piknik bersama anak-anak. Anak-anak bebas berlarian (tentu saja dengan pengawasan orang tua ya) tanpa takut atau ditakut-takuti dengan lalu lalang kendaraan. Setiap kali diajak ke sini, BabyJo senang sekali dan tidak bisa diam lama 😀

akkarena makassar

Foto : southcelebes.wordpress.com

Pantai Akkarena

Untuk pantai, saya merekomendasikan Pantai Akkarena sebagai tempat wisata di Makassar untuk keluarga. Lokasinya berada di Tanjung Bunga yang tidak jauh dari pusat kota Makassar, hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dibanding pantai lain yang ada di Makassar, Pantai Akkarena lebih bersih dan terawat dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di pantai ini tersedia beragam sarana untuk untuk bersantai, bermain serta berolahraga yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, misalnya banana boat, jet sky, flying fish dan ATV. Selain itu ada juga arena bermain anak-anak dengan jungkat-jungkit, ayunan dan papan luncur. Jika anak-anak ingin berenang atau bermain pasir, bisa dong karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan suasananya cukup nyaman untuk anak-anak dan bagus direkomendasikan sebagai tempat wisata di Makassar untuk keluarga.

Untuk yang hobi mancing, di sini juga bisa bersantai bersama keluarga sambil mancing. Bahkan untuk pecinta sunset, Pantai Akkarena ini merupakan salah satu spot hunting sunset terbaik di kota Makassar. Fasilitas lain yang tersedia adalah area kuliner yang menyediakan beragam menu masakan baik lokal maupun internasional, musholla, toilet, ruang bilas dan ruang ganti.

trans-studio

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar yang berlokasi di Trans Studio Mall Makassar, Metro Tanjung Bunga ini merupakan taman rekreasi indoor terbesar di timur Indonesia, buka setiap hari pukul 10.00-19.00 WITA kecuali pada akhir pekan dan libur nasional buka sampai pukul 21.00 WITA.

Di sini tersedia 21 wahana yang terbagi dalam 4 zona permainan dengan tema yang berbeda yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Untuk anak-anak biasanya paling menyukai zona Cartoon City yang berwarna-warni, di sini ada Carousel, Mini Boom Boom Car dan lain-lain. Kita bisa juga mengenalkan hobi berpetualang kepada anak dengan menjelajahi zona Lost City dengan hutan rimba buatan, reruntuhan candi, naik kereta hingga berpetualang bersama si Bolang.

Saat liburan di Trans Studio Makassar bersama Bunda BabyJo (yang waktu itu belum jadi bunda hehehe) saya memfavoritkan Magic Thunder Coaster dan Boom Boom Car. Sampai antri berkali-kali hanya untuk kembali naik di dua wahana ini. Selain itu, saya juga suka bioskop 4Dnya, seolah-olah ikutan ada di dalam filmnya.

Kelima tempat wisata ini bisa jadi altenatif buat teman-teman di Makassar yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga. Selamat berlibur!

yuk liburan sekeluarga ke Makassar

(Visited 1,587 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'5 Destinasi Wisata Keluarga di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool