wisata alam di maros

5 Destinasi Wisata Alam di Maros

Vote Us

“Selamat Datang di Butta Salewangang”

Tulisan itu terpampang jelas di gerbang perbatasan kota Maros. Berdiri kokoh mengangkangi jalan raya lintas provinsi yang lebar. Dalam bahasa Makassar, kalimat itu berarti tanah yang subur dan makmur. Penamaannya berasal dari kisah ratusan tahun lalu, tentang seorang raja arif bijaksana yang bernama Karaeng Loe ri Pakere. Sang raja dipercaya sebagai Tumanurung atau orang yang turun dari langit. Beliaulah yang mengubah kawasan yang sekarang dikenal sebagai Maros menjadi kawasan yang subur dan makmur.

Maros merupakan nama sebuah kabupaten yang termasuk dalam provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 28 km dari Kota Makassar. Wilayah Kabupaten Maros berbatasan dengan Kabupaten Pangkep di Utara, Kabupaten Gowa dan Bone di Timur, Kabupaten Gowa dan Kota Makassar di Selatan, serta berbatasan dengan Selat Makassar di Barat.

Keindahan bentangan alam Maros sudah terkenal sejak jaman dahulu. Sebut saja kawasan wisata Bantimurung dengan air terjun dan beragam jenis spesies kupu-kupunya hingga karts Rammang-Rammang yang akhir-akhir ini naik daun menjadi salah satu wisata andalan.

Nah, berikut ini adalah 5 destinasi wisata alam di Maros yang populer dan keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Kamu sudah mengunjungi yang mana saja?

1. Air Terjun Bantimurung

Wisata Alam di Maros

Pesona Air Terjun Bantimurung sudah terkenal baik pada wisatawan lokal maupun mancanegara. Vegetasi tropis yang subur menjadikan Bantimurung sebagai habitat kupu-kupu, burung dan serangga langka. Air terjun Bantimurung yang sejuk dan jernih mengalir deras sepanjang tahun, meluncur dari ketinggian 15 meter lalu jatuh menimpa batuan kapur yang tertutup lapisan mineral dan berubah menjadi keras akibat ditimpa aliran air selama ratusan tahun.

Selain air terjun juga terdapat dua buah gua yang menarik untuk dijelajahi yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu. Di kawasan ini juga akan ditemukan berbagai jenis kupu-kupu di mana sebagian di antaranya termasuk dalam spesies yang langka dan menjadikan lokasi ini dijuluki Kingdom of Heaven atau Kerajaan Kupu-Kupu.

2. Bislab dan Gua Pattunuang

tempat wisata di maros

Kawasan Bislab populer sebagai lokasi camping atau panjat tebing. Alamnya yang hijau dengan tebing yang menjulang tinggi serta sungai jernih yang mengalir di bawahnya menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata favorit di Maros.

Penamaan Bislab atau Biseang Labboro berasal dari sebuah batu besar yang berbentuk perahu yang menyimpan legenda kisah cinta. Konon jaman dahulu ada seorang saudagar dari Negeri Cina yang hendak melamar gadis Samangki, sayangnya karena lamarannya ditolak akhirnya saudagar tersebut jadi malu dan menenggelamkan perahunya yang kemudian berubah jadi batu.

Tidak jauh dari batu berbentuk perahu tersebut terdapat sebuah gua yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang begitu mempesona. Sering dijumpai beberapa spesies flora dan fauna yang tergolong langka di kawasan Goa Pattunuang,

3. Taman Purbakala Leang-Leang

wisata maros

Lokasi Taman Purbakala Leang-Leang terletak pada deretan karts di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung yang berjarak hanya sekitar 15 menit dari kawasan Air Terjun Bantimurung. Konon kawasan ini pernah dihuni manusia sekitar 3000-8000 tahun SM yang dibuktikan dengan ditemukannya lukisan prasejarah berupa gambar babi rusa yang sedang melompat, puluhan gambar telapak tangan yang ada pada dinding-dinding goa. Uniknya lagi, di sekitar Leang-Leang juga ditemukan benda-benda laut yang menjadi bukti daerah tersebut pernah terendam air laut, padahal lokasi ini sekarang berada di ketinggian.

4. Karts Rammang-Rammang

Karts Rammang-rammang

Kawasan karts Rammang-Rammang yang berlokasi di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, juga dikenal dengan nama Taman Hutan Batu karena memiliki ratusan bahkan ribuan batu kapur dengan berbagai bentuk dan ukuran. Konon, gugusan karts Rammang-Rammang yang membentang ini merupakan pegunungan kapur terluas ke 3 yang berada di dunia setelah Cina dan Vietnam.

Tidak jauh dari hutan batu, terdapat sebuah sungai yang ditumbuhi pepohonan hutan dan pepohonan lontar di sekitarnya. Menelusuri sungai Pute dengan sebuah perahu motor hingga ke bagian Kampung Berua akan memberikan sensasi wisata yang berbeda.

5. Air Terjun Lacolla

air terjun lacolla

Salah satu kawasan wisata di Maros yang mulai naik daun akhir-akhir ini adalah Air Terjun Lacolla. Keindahannya tidak kalah dengan Air Terjun Bantimurung. Kita akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah di mana air terjun tersusun hingga 4 tingkat, sedangkan 3 tingkat lainnya terpisah lumayan jauh.

Air terjun ini berlokasi di Desa Malaka, Kecamatan Cenrana. Untuk menuju ke destinasi wisata ini diperlukan ketelitian dan kehati-hatian karena jalurnya belum terkelola dengan baik jadi masih berupa jalan tanah yang agak curam dan terkadang becek di musim penghujan.

Selain 5 lokasi wisata alam di Maros yang diulas di atas, sebenarnya masih ada beberapa destinasi wisata lagi baik yang sudah populer maupun belum. Potensi wisata di Maros ini jika dikelola dengan baik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Semoga saja juga diiringi dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 364 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'5 Destinasi Wisata Alam di Maros' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool