5 Ciri Orang Makassar Dilihat Dari Cara Makannya

5 Ciri Orang Makassar Dilihat Dari Cara Makannya
4 (80%) 1 vote

Ciri orang Makassar salah satunya bisa dilihat dari caranya makan. Setiap daerah pasti mempunyai identitas  yang menggambarkan kebudayaan dan karakter khas masyarakatnya. Tidak terkecuali dari kebiasaan-kebiasaan sederhana sering dilakukan. Masyarakat Makassar pun sama dimana mereka mempunyai identitas yang menandakan dia orang Makassar. Tapi perlu diketahui untuk mempelajari identitas suatu daerah kadang lebih susah karena kita harus membiasakan diri di lingkungan mereka.

Baca juga empat karakter khas kuliner Makassar di sini

Tapi di sini saya ingin mengajakmu mengenali bagaimana mengenali ciri-ciri orang Makassar dilihat dari cara makannya. Kok bisa? bisa dong. Mungkin kamu pernah jalan-jalan atau makan di sutau tempat kemudian bertemu dengan orang yang cara makannya berbeda dari yang lain. Nah disini kamu perlu tahu bahwa orang Makassar tuh punya cara makan yang lain daripada yang lain :

1. Apapun Makanannya Jeruk Nipis Harus Selalu Ada

ciri orang Makassar

Bahkan Nasi Goreng Kurang Nikmat Tanpa Jeruk Nipis

Apakah kamu pernah melihat ada seseorang yang meminta jeruk nipis kepada pedagang makanan? Jika iya sudah bisa dipastikan orang itu adalah orang Makassar. Tapi tunggu dulu, kok jeruk nipisnya dipakai untuk nasi goreng sih? Tenang, jangan kaget dulu. Memang begitu kok, orang Makassar itu tidak bisa lepas dari yang namanya jeruk nipis  apapun makanannya baik itu bakso, mie kuah, soto, mie goreng bahkan nasi goreng harus selalu ada disiapin jeruk nipis sebagai menu utama yang harus ada disediakan diatas meja makan.

Menurut orang makassar sendiri, Selain karena wangi dan khasiatnya dalam merangsang nafsu makan, jeruk nipis juga mengandung senyawa yang bisa memerangi lemak jahat dari makanan yang dikonsumsi. Jadi ibaratnya jeruk nipis sebagai penyeimbang ketika kita makan makanan berat. Jadi, jangan heran lagi yah kalau makan dengan jeruk nipis adalah salah satu ciri orang Makassar.

2. Makanan Akan Lebih Nikmat Kalau Ditambah Sambal

ciri orang Makassar

Sambal Dhabu-dhabu ala Makassar

Sebenarnya ini adalah ciri khas orang Indonesia sih, termasuk juga orang Makassar. Sejatinya makan tanpa sambal ibarat sayur tanpa kuah, itu adalah apa yang diyakini oleh orang Makassar. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau orang Makassar adalah orang yang doyan pedas. Jika di Jawa selalu ada kerupuk yang menemani makan, maka di Makassar harus ada sambalnya. Kebanyakan orang Makassar menyukai sambal tumis dan segala jenis sambal kecuali saos. Katanya makanan akan terasa 2 kali nikmat kalau ditambahi sambal yang pedas.

3. Di mana Ada Makanan Di situ Wajib Ada Kobokan

Semangkuk Kobokan Untuk Cuci Tangan

Katanya puncak kenikmatan suatu makanan akan lebih menggoyang lidah jika kita makan dengan menggunakan tangan bukan dengan garpu ataupun sendok dan itulah yang selalu dilakukan oleh orang Makassar. Makanya tidak heran jika di meja makan selalu wajib ada kobokan. Sudah tahu kan fungsinya? Ya benar sekali untuk mencuci tangan. Tapi hal ini berbeda jika sedang makan makanan berkuah yah.

4. Ikan Selalu Yang Utama

Menikmati Makan Siang Dengan Ikan Bakar. Nyamanna

Bila dihadapkan pada pilihan menu makanan antara daging sapi, ayam, dan olahan ikan, orang-orang Makassar pasti akan lebih memilih ikan. Pilihan ini tidak terlepas dari kebudayaan pesisir masyarakat Makassar yang merupakan pelaut dan nelayan. Beragam resep masakan dari ikan pun sudah banyak di Makassar seperti Pallumara, Palluce’la, Parede, ikan bakar dan lainnya menjadi menu favorit orang Makassar. Sekarang, olahan Pallumara bahkan sudah masuk sebagai salah satu dari 10 ikon kuliner kota Makassar.

Jelas sekali bahwa makan ikan adalah salah satu ciri orang Makassar.

5. Menyiram Air Ke Piring

Suasana Salah Satu Warung Makan Terkenal di Makassar

Dari semua ciri di atas, mungkin inilah ciri yang paling membedakan orang Makassar dengan daerah lainnya. Coba perhatikan, setelah selesai makan biasanya orang-orang Makassar selalu menuangkan air minum atau air kobokan ke dalam piringnya. Tahu maksudnya? Konon katanya air yang kita tuangkan dalam piring menunjukkan agar rejeki kita tidak kering. Hal ini menyangkut adat masyarakat Makassar menghargai setiap makanan yang dimakan.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Pilihan hotel murah , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Nah, kalau kamu bertemu dengan orang-orang yang punya ciri khas saat makan seperti di atas, maka mungkin saja mereka adalah orang Makassar. Sapa saja dengan pertanyaan: orang Makassar ki?

(Visited 785 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'5 Ciri Orang Makassar Dilihat Dari Cara Makannya' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool