4 Situs Purbakala Di Sulawesi Selatan

4 Situs Purbakala Di Sulawesi Selatan
Vote Us

Pada saat duduk di bangku sekolah, pasti kita pernah belajar tentang sejarah sebuah peradaban di tiap-tiap negara kan? Termasuk sejarah peradaban di Indonesia psatinya. Sebuah peradaban tentunya memiliki kisahnya tersendiri, begitupun dengan peradaban yang ada di Sulawesi Selatan. Sebuah peradaban yang terbentuk dari ratusan atau bahkan ribuan yang lalu meninggalkan situs purbakala sebagai jejak peradabannya. Peradaban inilah yang mengawali terbentuknya sebuah masyarakat dan kebudayaan.

Berbicara tentang sejarah, masyarakat Sulawesi Selatan sebenarnya memiliki kebudayaan dari masa lampau yang dimulai sejak jaman pra sejarah, sisa-sisa jejaknya dapat bisa kita jumpai pada beberapa situs megalitikum yang tersebar di penjuru Sulawesi Selatan. Hal ini menandakan bahwa peradaban dan ritual kebudayaan telah ada jauh sebelum generasi hari ini. Suku-suku yang ada di Sulawesi Selatan diperkirakan datang dari dataran Tiongkok ribuan tahun yang lalu.

Rammang-Rammang juga terkenal dengan gua pra sejarahnya, baca saja di sini

Tak ayal sampai hari ini situs-situs purbakala tersebut sudah menjadi wisata sejarah yang cukup terkenal dan menjadi bahan edukasi untuk para arkeolog. Berikut ini adalah beberapa situs purbakala yang ada di Sulawesi Selatan yang mungkin bisa kamu kunjungi dan melihat langsung jejak manusia purba di Sulawesi selatan :

1. TAMAN PURBAKALA BATUPAKE GOJENG

situs purbakala

Jalan-jalan Di Taman Purbakala Batupake Gojeng

Kabupaten Sinjai terletak 220 Km dari Kota Makassar, di Sinjai terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang mengagumkan dan salah satunya Taman Purbakala Batupake Gojeng yang berada di atas bukit. Dalam sejarahnya dikatakan bahwa Gojeng adalah sebuah daratan dan menjadi peradaban purbakala dan Batupake adalah sebuah batu besar yang seperti sebuah meja besar yang dikelilingi tempat duduk yang terbuat dari batu.

Di dalam Taman Purbakala Batupake Gojeng kamu bisa menjumpai berbagai macam batu-batu jaman megalitikum dan beberapa informasi lainnya yang akan menambah pengetahuanmu. Selain itu, dengan lokasinya yang berada di atas bukit kamu bisa melihat hamparan laut Sinjai yang disertai suasana hijau yang sejuk di taman ini, hal ini seakan menjadikan kombinasi yang kompleks untuk berwisata edukasi sekaligus rileksasi.

2. TAMAN LEANG-LEANG MAROS

Taman bebatuan di Leang-Leang Maros

Dalam bahasa Makassar, Leang berarti adalah sebuah gua. Di Kabupaten Maros terdapat sebuah taman yang menyimpan sebuah berbagai peninggalan arkeologis manusia prasejarah yang cukup terkenal namanya adalah Taman Leang-Leang Maros. Di Taman Pra sejarah Leang – Leang ini sendiri terdapat dua gua yang memiliki peninggalan sejarah manusia purba yaitu Gua Pettae dan Gua Petta Kere.

Di leang-leang ini kita bisa menemukan berbagai lukisan dari manusia pra sejarah. Leang-leang ini diyakini sebagai rumah tempat tinggal manusia purba Sulawesi Selatan. Selain kedua gua tersebut, di taman juga memiliki taman batu karst yang unik dan menarik untuk di jelajahi.

3. TAMAN PURBAKALA SUMPANG BITTA

Gambar Rusa di Gua Sumpang Bitta

Selain terkenal bukit karst dan gugusan pulau-pulau yang eksotik, Kabupaten Pangkep ternyata menyimpan banyak sejarah terutama tentang peninggalan jaman dahulu yang sarat akan makna histori-nya. Salah satunya adalah Taman Purbakala Sumpang Bitta yang terletak di Desa Sumpang Bita, Kecamatan Balocci atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Di Taman Purbakala Sumpang Bitta ini terdapat 2 leang yang berada diatas gunung yaitu Leang Sumpang Bitta dan Leang Bulu Sumi. Di Leang Sumpang Bitta merupakan tempat upacara sakral bagi masyarakat prasejarah di Pangkep, disini kamu bisa menemukan gambar-gambar manusia jaman dulu seperti gambar telapak tangan hewan, perahu dan lainnya.

4. KOMPLEKS BEBATUAN BORI KALIMBUANG

Batu Menhir di Kawasan Rante Kalimbuang

Siapa sih yang tidak kenal dengan Toraja? Salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menjadi pusat destinasi wisata terfavorit beberapa tahun ini. Nah, jika kamu sedang atau berencana ingin berlibur di Toraja untuk menyaksikan acara Rambu Solo, ada baiknya jangan lewatkan nih lokasi bersejarah di sana. Namanya adalah bebatuan Bori Kalimbuang, salah satu situs purbakala paling terkenal di Tana Toraja.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket pesawat, Pilihan penginapan yang murah, dan Beragam paket wisata

Bori Kalimbuang terletak di kawasan Rante Kalimbuang -yang menjadi lokasi upacara adat Rambu Solo- memiliki beberapa bebatuan menhir yang menjulang tinggi berkisar 1-4 meter yang berjumlah kurang lebih 102 buah. Menurut sejarahnya bebatuan Menhir ini didirikan untuk menghormati pemuka adat atau keluarga bangsawan yang meninggal.

Itulah beberapa situs purbakala yang bisa kamu kunjungi di Sulawesi Selatan. Dengan berbagai macam dan kisah didalamnya semoga kamu dapat mempelajari sesuatu yang baru yang akan menambah pengetahuanmu. Selain itu beberapa situs purbakala di atas menunjukkan bukti bahwa Sulawesi Selatan juga dulunya memiliki sebuah peradaban yang hingga saat ini masih bisa kita temui melalui peninggalan-peninggalan sejarahnya.

(Visited 1,226 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'4 Situs Purbakala Di Sulawesi Selatan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool