Pantai di Sulawesi Selatan

4 Pantai Tak Berombak Yang Wajib Kamu Kunjungi di Sulawesi Selatan

4 Pantai Tak Berombak Yang Wajib Kamu Kunjungi di Sulawesi Selatan
4 (80%) 1 vote

Pantai. Mendengar kata ini, sekonyong-konyong pikiran pasti akan merujuk kepada bentangan pasir yang bertemu dengan lautan biru sejauh mata memandang. Debur ombak, belaian angin laut dan terik matahari. Ah, siapa yang bisa menahan godaan alam seperti itu? Wajarlah kalau pantai selalu jadi salah satu keindahan alam yang paling sering diburu orang. Pantai dengan ombaknya, air lautnya dan pasirnya biasanya adalah satu kesatuan, satu paket yang tak terpisahkan.

Namun, tidak untuk beberapa pantai yang ada di beberapa daerah Sulawesi Selatan. Di pantai ini kamu tidak akan menemukan desiran ombak, angin laut, ataupun melihat burung berterbangan. Terus apa dong kalau bukan pantai? Namanya adalah pantai tak berombak, pantai-pantai tak berombak di Sulawesi Selatan ini hadir karena terinspirasi oleh suasana Pantai Losari yang berada di Kota Makassar.

Dahulu Losari terkenal dengan deretan ratusan gerobak memanjang sepanjang pinggiran pantai yang menjajakan berbagai macam makanan dan kudapan khas makassar seperti pisang epe’. Oleh karena itu, hadirnya pantai kering di beberapa daerah berikut ini ingin mengikuti tren dari Pantai Losari dengan menghadirkan deretan puluhan gerobak menjadikannya tempat nongkrong meskipun tidak berada di pinggiran laut.

Pantai-pantai apa saja itu? Yuk kita simak:

1. Pantai Tak Berombak, Kabupaten Maros

pantai di sulawesi selatan

Deretan Spot Jajanan di Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros

Pantai Tak Berombak, begitulah orang Maros menyebut nama tempat ini. Salah satu pantai di Sulawesi Selatan ini tak pernah sepi pengunjung tiap harinya. Hal ini juga didukung karena lokasinya yang strategis di tengah kota Maros yang berada tepat di depan Masjid Agung Kabupaten Maros dan Kantor Bupati Maros.

Dulunya pantai ini merupakan tempat memancing ikan oleh masyarakat. Namun, setelah dikelola dengan baik oleh pemerintah maka jadilah Pantai Tak Berombak (PTB) sebagai pusat jajanan kuliner. Aneka jajanan bisa kamu temukan di sini dengan harga yang cukup terjangkau, salah satunya cobalah sop konro khas Maros. Malam hari adalah waktu terbaik mengunjungi PTB karena suasananya semakin ramai.

2. Pantai Ide, Kabupaten Luwu Timur

Pantai Ide Makassar

Menikmati Landscape Pantai Ide

Pantai Ide, apakah kalian pernah mendengarnya? Awalnya saya juga bingung, kok ada pantai di Kabupaten Luwu Timur? Bukannya kabupaten ini berada di tengah pulau Sulawesi dan jauh dari laut? Setelah saya selidiki ternyata yang dimaksud Pantai Ide adalah Danau Matano, sebuah danau terbesar kedua di Sulawesi Selatan dan memiliki kedalaman 500 meter yang merupakan danau terdalam di Indonesia.

Suasana Pantai Ide sangatlah romantis, perpaduan antara air yang biru dan bersih dengan angin yang sejuk membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Sepanjang pinggiran danau terdapat banyak jajanan makanan yang cukup murah. Buat yang mau berkeliling menikmati suasana di tengah Danau Matano, di sini kamu bisa menyewa perahu dari nelayan dengan harga yang terjangkau.

3. Pantai Galau, Kabupaten Sinjai

Pantai di Sulawesi Selatan

Suasana Sore Hari di Pantai Sinjai

Siapa bilang di Sinjai tidak punya pantai? Ternyata selain memiliki “pantai betulan”, Sinjai juga punya “pantai palsu” dan namanya Pantai Galau. Pantai yang terletak di utara Kabupaten Sinjai ini merupakan batas administratif antara Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bone. Awalnya kenapa pantai ini terletak di perbatasan kabupaten karena sebenarnya Pantai ini adalah sebuah muara sungai. Jadi, Pantai Galau bukan sebuah pantai asli melainkan muara dari Sungai Tangko.

Tapi jangan salah, nuansa pantai Galau benar-benar ramai layaknya Pantai Losari atau bisa juga dikatakan Pantai Losari II menurutku, karena sepanjang pinggiran sungai berjejer gerobak jajanan dan kudapan. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Sinjai yaitu Sokko Bajabu dan juga minumannya adalah Sarabba.

4. Pantai Kering Wattansoppeng, Kabupaten Soppeng

Pantai Ide Makassar

Duduk Santai di pantai Kering Soppeng

Pantai Kering, begitulah masyarakat Soppeng menyebutnya. Pantai di Sulawesi Selatan yang tak berombak ini berada di pinggir kanal besar di tengah kota Soppeng yaitu di sepanjang jalan Attang Benteng, Wattangsoppeng. Di pantai kering ini kita bisa menikmati jajanan renyah serta murah. Soal harga jangan ditanya lagi, karena semua murah. Apalagi ditambah sepanjang mata memandang dapat melihat suasana keramaian kota Wattangsoppeng.

Untuk menikmati suasana yang berbeda, ada baiknya datanglah saat malam, dinginnya angin malam dapat dileburkan dengan segelas sarabba untuk menghangatkan tubuh sambil bernostalgia bersama teman-teman terdekat atau keluarga tersayang.

Nah, itu dia beberapa pantai di Sulawesi Selatan yang hadir tanpa ombak dan pasir. Tentu menarik untuk merasakan sendiri bagaimana tempat-tempat tersebut bisa diubah menjadi seperti Pantai Losari yang dulu terkenal sebagai pusat jajanan di kota Makassar.

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 484 times, 1 visits today)


About

Stories Worth Spreading


'4 Pantai Tak Berombak Yang Wajib Kamu Kunjungi di Sulawesi Selatan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool