kuliner khas palopo

4 Kuliner Khas Yang Hanya Ada di Palopo

4 Kuliner Khas Yang Hanya Ada di Palopo
5 (100%) 1 vote

Melakukan perjalanan wisata ke Makassar biasanya tidak akan sempurna bila tanpa mencicipi aneka kuliner khasnya. Bila anda sedang berada di Sulawesi selatan maka cobalah mengunjungi Kota Palopo. Kota ini merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Selatan dan terkenal memiliki kuliner khas yang tidak dijumpai di daerah lain. Kota palopo berada pada bagian utara dari kota Makassar, perjalanan dapat ditempuh minimal 8 jam menggunakan bis atau mobil pribadi dari kota Makassar.

Kota palopo memiliki cukup banyak kuliner yang rasanya bikin ketagihan seperti kapurung, lawak, dange, parede, pacco. Sudahkah anda merasakan keunikan rasanya masing – masing? Berikut ini kita akan bahas satu persatu.

1. Kapurung
Kapurung adalah makanan berkuah kenyal dengan bahan dasar sagu, saat pembuatannya sagu tersebut dicampur dengan air panas hingga berbentuk kenyal dan di olah berbentuk bulat – bulat sedang. Kapurung biasanya dicampur dengan aneka jenis sayuran dan ikan yang telah di suir – suir. Sajian khas kapurung biasanya ditambah dengan perasan jeruk dan sambal yang pedas untuk menambah cita rasanya. Bulatan – bulatan kapurung dikonsumsi dengan cara ditelan langsung bersama dengan kuahnya. Sensasi makan kapurung paling pas disaat masih panas sehingga peluh keringat akan keluar dari tubuh anda.

kapurung
2. Lawak
Lawak merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan utama sayur pakis yang disiram air panas, kelapa parut goreng, lombok, dan ikan teri. Semua bahan tersebut dicampur menjadi 1 sehingga semuanya tercampur rata dan menghasilkan rasa yang unik. Biasanya lawak dikonsumsi bersama dengan dange.

sumber gambar : luwuraya(dot)com

sumber gambar : luwuraya(dot)com

3. Dange
Dange berasal dari sagu yang dibentuk segi empat tipis, bentuknya seragam karena dimasak menggunakan cetakan khusus berbentuk segi empat dan dibakar di atas tungku. Dange yang telah masak akan berubah warna menjadi keabu – abuan dan terlihat sagunya sudah saling melekat. Dange memiliki rasa yang hambar sehingga selalu disajikan bersama makanan lainnya seperti ikan berkuah, kapurung ataupun lawak. Sagu bisa dijadikan makanan pengganti nasi dan karena mengandung karbohidrat tetapi rendah gula yang juga baik untuk penderita diabetes.

sumber foto: tujuh-bunga.blogspot(dot)com

sumber foto: tujuh-bunga.blogspot(dot)com

4. Pacco
Pacco adalah nama kuliner khas Kota Palopo yang dibuat dari ikan mentah layaknya makanan jepang, jenis ikan yang digunakan biasanya adalah jenis ikan tembang. Proses pembuatannya yaitu ikan dipisahkan dari tulang dan kepalanya sehingga hanya tersisa dagingnya saja. Kemudian potong kecil – kecil sesuai selera. Berikan air perasan jeruk nipis agar ikan mask. Tambahkan sedikit asam patikala untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Lengkapi dengan lombok dan sedikit kacang yang telah dihaluskan. Menikmati pacco paling pas bersama dengan beberapa lembar dange.

sumber foto : camidhonk.wordpress(dot)com

sumber foto : camidhonk.wordpress(dot)com

Semua kuliner tersebut sangat mudah ditemukan di kota palopo terutama pada saat acara kumpul keluarga (tudung sipulung). Masyarakat kota palopo sebagian besar pandai membuat makanan tersebut sehingga mereka lebih memilih membuatnya sendiri daripada membeli di warung – warung. Tetapi bagi wisatawan dapat dengan mudah sekali menemukan warung yang menyediakan semua menu tersebut khususnya di Kota Palopo. Mungkin saja semua makanan jenis ini dapat anda temukan di tempat lain di luar kota Palopo tetapi soal cita rasa pasti tidak akan sama bila makan langsung di tempatnya.

(Visited 5,685 times, 12 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'4 Kuliner Khas Yang Hanya Ada di Palopo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool