4 Karakter Khas Kuliner Makassar

4 Karakter Khas Kuliner Makassar
5 (100%) 2 votes

Makassar, mendengar namanya saja sudah membuat sebagian besar orang langsung tertuju akan pesona Pantai Losari dan juga kulinernya yaitu Coto Makassar. Berbicara tentang kuliner tiap daerah pasti memiliki ciri khas-nya masing-masing, begitu juga dengan Makassar. Kita semua sudah tahu kalau Makassar terkenal akan kuliner olahan dari laut, hal ini karena Makassar yang terletak tidak jauh dari laut.

Beda halnya dengan masyarakat khususnya di daerah pegunungan yang karakter makanan lebih banyak berbahan dasar daging sapi dan kambing yang kaya akan hewan ternak yang tumbuh dan berkembang subur. Lantas kita bisa tahu karakter atau kebiasaan Makassar jika berhadapan dengan makanan. Berikut ini karakter khas kuliner Makassar :

1. Pedas

sambal

Sambal Pedas Gurih

Masyarakat Makassar dikenal sebagai salah satu pusatnya makanan bersambal. Itu bisa kita lihat dari  aneka menu makanan di tempat-tempat makan yang ada di Makassar, hampir semua menyediakan makanan pedas ditambah dengan sambal yang menantang.

Tak jarang tiap-tiap memiliki ciri khas sambal yang berbeda demi menarik para pecinta makanan pedas. Dan terkadang juga, orang-orang Makassar tidak terlalu peduli pada rasa makanan yang penting ada sambal maka semua makanan akan terasa sedap.

2. Daging

coto-makassar

Coto Makassar

Walaupun Makassar dekat dengan laut, jangan salah ternyata makanan olahan daging juga merupakan primadona dalam kuliner Makassar. Sebut saja Coto Makassar, Sop Konro, Pallubasa, Sop Kikil, dan lainnya yang berbahan dari daging sapi.

Jika di lihat ke belakang ternyata kebudayaan masyarakat Bugis-Makassar yang selain sebagai masyarakat maritim, juga bergerak pada wilayah agraris di beberapa daerah. Wilah-wilayah agraris inilah yang menjadi tempat perkembangbiakan hewan ternak seperti kerbau dan sapi. Jadi selain jangan heran, kuliner Makassar juga terkenal dengan sajian kuliner dagingnya.

3. Ikan

pallumara

Lezatnya Ikan Pallumara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa makanan paling favorit di Makassar adalah olahan laut yaitu ikan. Di setiap tempat-tempat makan di penjuru kota pasti menyajikan berbagai variasi makanan dari ikan, dan yang paling populer adalah ikan bakar, pallumara, dan palluce’la. Hargaya pun tidak terlalu mahal namun rasanya akan membuatmu ketagihan untuk mencobanya lagi.

4. Jeruk Nipis

jeruk nipis harus ada di setiap kuliner makassar

Makan Tak Lengkap Tanpa Jeruk Nipis

 

Pernahkah kamu makan coto tanpa jeruk nipis? Pasti rasanya kurang asem gitu, benar kan? Nah tapi pernahkah kamu makan nasi goreng ditambah jeruk nipis? Jika belum sepertinya kamu harus coba deh. Di kota mana lagi kamu bisa makan nasi goreng pakai jeruk nipis selain di Kota Makassar?

Coto, konro, ikan bakar takkan sempurna rasanya tanpa seperas dua peras jeruk harum ini. Cuman di Makassar kalau makan tanpa jeruk nipis rasanya kurang srek di tenggorokan. Makanya tidak jarang kadang di tempat-tempat makan jeruk nipis dan sambel adalah hal wajib yang ada ketika menyajikan seporsi makanan apapun.

5. Pisang

kuliner makassar pisang epe

Pisang Epe

Aneh rasanya jika tidak memasukkan pisang sebagai salah satu kuliner legendaris, bagaimana tidak buah yang satu ini sangat terkenal di Kota Makassar. Pisang selain dianggap sebagai buah, jika diubah menjadi olahan kuliner ternyata bisa begitu banyak variasinya, sebut saja Pisang Epe’, Pisang Ijo, Pisang Peppe’, Barongko, Roko-roko Unti, Sanggara Balanda dan masih banyak lagi.

Selain buahnya yang sudah sangat familiar, ternyata hasil olahan buah pisang ini tidaklah mahal untuk kamu para pecinta kuliner. Selain itu ternyata pisang bagi kebudayaan masyarakat Bugis-Makassar memiliki suatu nilai yang luhur dalam beberapa ritual adat.

(Visited 371 times, 5 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'4 Karakter Khas Kuliner Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool