3 Gua Unik di Maros

3 Gua Unik di Maros
Vote Us

Gua adalah keajaiban alam yang penuh dengan keunikan dan kemisteriusannya. Jika ditanya, semua orang pasti tahu gua adalah sebuah lubang yang berada di tanah yang cukup besar dan dalam yang terdiri batuan gamping dan tidak jarang terdapat sebuah sungai bawah tanah. Gua berdasarkan tipe ada yang berbentuk vertikal maupun horisontal. Dalam ekspedisi, seseorang yang ingin berpetualang didalam gua disebut dengan Caver sedangkan gua yang yang dijadikan spot penjelajahan disebut Caving.

Rammang-rammang adalah salah satu destinasi unggulan Kab. Maros. Simak kisahnya di sini

Di Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Maros, dengan kontur permukaan tanah bebatuan dan pegunungan juga ternyata memiliki ratusan gua-gua unik yang alami. Kabupaten Maros dan Pangkep memang termasuk kabupaten dengan gugusan karst yang cukup luas. Karst-karst itu sebagian mempunyai gua-gua alami yang menantang untuk dijelajahi.

Hanya saja tidak semua bisa dikunjungi ada yang karena medan yang jauh, fasilitas yang tidak memadai bagi para caver atau minimnya informasi tentang gua-gua unik yang ada.  Namun jika kamu penasaran ingin mencoba menjelajahi gua unik yang ada di Sulawesi Selatan, maka tidak ada salahnya berkunjung ke lima gua unik berikut :

1. Gua Dinosaurus

Gua Unik

Menyusuri Gua Vertikal Yang Disebut Sebagi Gua Terbesar Di Sulawesi Selatan

Gua Dinosaurus atau Lubang Dinosaurus terletak Dusun Pattiro, Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Gua unik ini merupakan gua vertikal dengan lebar mulut 100 serta kedalamannya berkisar 150-180 meter sehingga untuk menuruninya dibutuhkan role panjang dan juga ekstra hati-hati karena sekitar dindingnya di kelilingi oleh batuan gamping yang licin.

Kalau kamu bingung bagaimana dalamnya lubang ini, coba bayangkan tinggi monas di jakarta 135 meter. Nah seperti itulah kamu harus turun dari permukaan untuk mencapai dasar gua ini.  Selain itu, asal muasal penamaan gua ini dengan nama gua dinosaurus masih belum diketahui, tapi jika dilihat dari bentuknya yang lebar dan dalam akan mirip seperti mulut seekor dinosaurus.

Mencoba memasuki gua ini tentu butuh kemampuan tersendiri, tidak disarankan untuk mereka yang baru mau mencoba menjadi seorang caver apalagi jika masuk sendirian.

2. Gua Leang Putte

Gua Unik

Uji Adrenalinmu Menuruni Gua terdalam di Indonesia

Selanjutnya kita akan ke Gua Leang Putte. Gua Leang Putte merupakan gua terdalam di Indonesia dengan kedalaman berkisar 22-270 meter serta lebar mulut  50 meter. Letak Gua Leang Putte ini bersebelahan dengan Gua Dinosaurus, Nah perlu kamu tahu juga nih, ada dua cara untuk menelusuri gua ini. Pertama dengan turun dari mulut guanya dan kedua bisa melalui teras di Gua Dinosaurus.

tiket mudik murah

Menurut dari arti namanya, Leang dalam bahasa Makassar berarti gua, dan pute adalah sebuah spesies merpati putih. Hal ini merujuk dari keindahan gua ini ketika kita mencapai dasarnya dan melihat keatas mulut gua maka akan nampak sebilah cahaya putih ternang seperti seekor merpati.

3. Gua Patta

Gua Unik

Akhirnya Bisa Berenang di Sungai Bawah Tanah Gua Patta

Berikutnya kita akan ke Gua Patta. Gua ini masih termasuk gua horizontal dimana kita dapat menjelajahi dengan berjalan kaki menyusuri bebatuan gamping. Gua Patta terletak di Desa Samangki, Kabupaten Maros, yang memiliki panjang 950 meter. Kondisi didalam gua ini cukup lembab dan berair hal ini karena di dalam gua ini terdapat sungai bawah tanah yang bersumber dari gua ini sendiri. Inilah yang membuat gua ini menjadi spesial dan unik.

Untuk mencapai sungai tersebut, pertama kita harus menuruni bebatuan gamping yang cukup curam. Perlu hati-hati dalam menelusuri gua unik ini karena terdapat beberapa jurang yang bisa membahayakan diri kalau terjatuh. Setelah itu kita harus merayap di gua-gua sempit menuju sungai. Nah akhirnya tepat di pintu keluar gua sempit tersebut kita akan menemukan sungai bawah tanah yang indah dan segar.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Itulah 3 gua yang unik dan menarik di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Sebenarnya masih banyak gua lagi tapi ketiga gua ini sudah menggambarkan bagaimana rupa gua yang ada di Sulawesi Selatan. Nah kalau ingin mencoba liburan seru yang memacu adrenalin tidak ada salahnya untuk mencoba pengalaman caving pertama di gua-gua ini. Apa kamu sudah menyiapkan liburanmu? jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu juga

 

(Visited 121 times, 2 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'3 Gua Unik di Maros' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool