bala-lompoa

3 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Tahu Tentang Tanah Gowa

3 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Tahu Tentang Tanah Gowa
5 (100%) 1 vote

Berbicara tentang Makassar pasti takkan habisnya jika membahas destinasi wisata ataupun sajian kulinernya yang menggugah selera para Traveler. Tapi tahukah sobat semua bahwa banyak hal-hal menarik yang mungkin belum sobat tahu ataupun belum pernah mendengarnya karena kurangnya informasi didaerah tersebut. Salah satu Kabupaten yang cukup menarik untuk di bahas adalah Kabupaten Gowa.Kabupaten Gowa merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar.

Selain berdekatan Kabupaten Gowa juga merupakan daerah yang sering dikunjungi banyak wisatawan. Tidak lain karena hanya di Kabupaten Gowa kamu bisa melihat indahnya gunung, berwisata keliling hutan pinus, bermain air pegunungan, belajar berkebun di kebun wisata, dan menikmati secangkir teh hangat langsung di perkebunan teh yang hijau, semua itu ada di kawasan wisata Malino di Kabupaten Gowa.

Kali ini kita akan membahas fakta menarik tentang Kabupaten Gowa dan apa sih yang ada didalamnya selain kawasan wisata Malino yang cukup terkenal di Makassar.

1) Ayam Jantan Dari Timur

Pasti sobat tidak asing lagi mendengar kalimat diatas, itu adalah julukan untuk Kabupaten Gowa di mata Indonesia. Tapi tahukah sobat bahwa julukan itu didapat karena salah satu pahlawannya yaitu Sultan Hasanuddin berhasil mengusir kedudukan belanda yaitu VOC yang ingin menguasai Kerajaan Gowa Terdahulu. Namun perlu sobat ketahui pula bahwa julukan itu bukan hanya sekedar nama namun itu juga tergambar dari bentuk wilayah administratifnya dalam sebuah peta yang menunjukkan keberadaan Kabupaten Gowa

Ayam Jantan Dari Timur

Wilayah Administrasi Kabupaten Gowa Yang Menyerupai Bentuk Ayam Yang Menghadap Ke Timur

2) Saksi Sejarah Yang Tetap Berdiri Kokoh Walau Di Jaman Silih Berganti

Benteng Somba Opu dibangun oleh Sultan Gowa ke IX, Daeng Matanre Karaeng Tumaparisi Kallonna tahun 1545. Percaya atau tidak bangunan itu dibangun dari tanah liat dan putih telur sebagai pengganti semen. Benteng kokoh ini berbentuk segi empat, dengan panjang sekitar 2 kilometer, tinggi 7-8 meter, dan luas sekitar 1.500 hektar. Seluruh bangunan benteng dipagari dengan dinding yang cukup tebal. Pada abad ke-16, benteng ini sempat menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa.

Pada abad yang sama ketika VOC masuk ke Indonesia dan berhasil masuk ke wilayah perairan kerajaan Gowa, Benteng Somba Opu hancur luluh lantah oleh serangan VOC yang kemudian tenggelam. Dan pada tahun 1980 Benteng ini ditemukan kembali dengan keadaan yang cukup parah sehingga dibangun kembali sebagaimana bentuk aslinya. perlu sobat ketahui bersama bahwa Kerajaan Gowa memiliki setidaknya 14 benteng berbeda, dan dari semuanya hanya Benteng Somba Opu yang masih tersisa hingga sekarang, dan itulah mengapa Benteng Somba Opu dikatakan saksi sejarah yang masih tersisa di Kabupaten Gowa

Benteng Somba Opu

Sisa Reruntuhan Benteng Somba Opu

Sumber : http://disbudpar-gowakab.com/foto_berita/5572benteng%20somba%20opu1.jpg

Bagian Tembok Benteng Somba Opu Yang Tetap Berdiri Kokoh

3) Tempat Kelahiran Pahlawan Nasional Sang Pejuang di Dua Negara

Syeikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makassari Al-Bantani atau dikenal sebagai Syeikh Yusuf adalah seorang ilmuwan, sufi, penulis, dan komandan perang abad 17. Lahir dalam lingkungan kerajaan Gowa pada 1626. Sejak kecil, Syeikh Yusuf  sudah ditempa dengan pelajaran berbasis Al-Quran. Kala itu masyarakat Bugis sudah mengenal agama Islam dan di Gowa, Islam bahkan dijadikan agama resmi kerajaan.

Berkat ketekunannya belajar tentang akidah Islam, Syeikh Yusuf mulai berpergian ke luar daerah menyebarkan ajaran Islam yang menjadi pedoman hidupnya. Kala itu karena Belanda sedang menguasai Kerajaan Gowa dan membenci ajaran yang dibawakan Syekh Yusuf, maka mereka mengasingkan beliau jauh ke pulau Jawa tepatnya di Banten, Namun semangat beliau mengajarkan Islam tak pernah padam. Kemudian Beliau kembali diasingkan jauh hingga sampe lah di Cape Town, Afrika Selatan.

Karena ketekunannya dan semangatnya yang tak padam mengajarkan Islam di tanah afrika selatan. Tak hanya bergerak sebagai ulama dengan menghidupkan komunitas Islam di Afrika, beliau juga dikenal sebagai pejuang kesetaraan melawan rasisme kulit putih di Afrika pada masa itu. Bahkan saking vokal perjuangannya, Nelson Mandela sebagai presiden Afrika pada tahun 1994 mencatatnya sebagai ‘Salah Seorang Putra Afrika Terbaik’ dan ‘Pejuang Kemanusiaan’. Dan sebelum itu ternyata Indonesia juga menobatkan beliau sebagai Pahlawan Nasional dari tanah Gowa atau sekarang dikenal sebagai Makassar.

Sumber : http://us.images.detik.com/content/2011/10/13/10/makam-syeh-yusufdalam.jpg

Makam Syeikh Yusuf Di Afrika Selatan

http://herulegowo.com/home/images/Makam%20Syekh%20Yusuf%201.jpg

Makam Syeikh Yusuf Di Kabupaten Gowa

Demikian lah 3 fakta yang menarik terkait Kabupaten Gowa yang perlu sobat ketahui, sebenarnya masih banyak lagi fakta menarik mengenai Kabupaten Gowa lainnya. Mungkin sobat bisa membantu berbagi informasi lainnya sehingga kita akan lebih mengenal lagi tentang Tanah Gowa.

(Visited 663 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'3 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Tahu Tentang Tanah Gowa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool