Sinjai Sulawesi Selatan

2 Tempat Yang Harus Didatangi Kalau ke Sinjai

2 Tempat Yang Harus Didatangi Kalau ke Sinjai
5 (100%) 1 vote

Minggu sebelumnya saya sudah menulis tentang kota Sinjai, sebuah kabupaten yang berada di Timur kota Makassar. Kabupaten ini memang belum seterkenal Makassar, Bulukumba atau Tana Toraja sebagai destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Tapi, sesungguhnya Sinjai juga menyimpan banyak potensi wisata yang bila diolah dengan baik akan sangat menarik untuk dikunjungi.

Minggu lalu saya sudah menulis tentang potensi wisata kuliner sea food yang begitu menggoda di Sinjai, nah kali ini saya ingin menulis tentang wisata alam Sinjai yang juga tidak kalah menggodanya.

Setidaknya ada 2 tempat di kabupaten Sinjai yang sangat layak untuk dikunjungi, selain karena pemandangan yang ditawarkan begitu menggoda juga karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Kepulauan Sembilan

Salah satu pulau di Kepulauan Sembilan

Kepulauan Sembilan.

Sebagai kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut lepas, Sinjai juga punya potensi wisata bahari yang menawan. Salah satunya adalah kepulauan Sembilan. Nama ini diambil dari jumlah pulau yang bertebaran di sekitar kota Sinjai. Sebenarnya jumlahnya bukan 9, tapi lebih. Entah kenapa nama sembilan jadi lebih populer.

Letak kepulauan ini tidak terlalu jauh kota Sinjai. Dari pelabuhan TPI Lappa kita bisa menuju ke sana dengan menggunakan kapal bermesin. Ada kapal boat berbahan fiber yang rutin melayani rute Sinjai ke salah satu pulau di kepulauan sembilan, atau kalau mau yang lebih bebas bisa sekalian menyewa kapal nelayan yang akan membawa kita ke beberapa pulau yang ingin dituju.

Kepulauan Sembilan

Duh, lautnya jernih sekali!

Salah satu kenikmatan mengunjungi kepulauan Sembilan adalah melakukan island hopping atau berkunjung ke pulau-pulau yang ada dalam wilayah kepulauan Sembilan.  Island hopping akan menyenangkan karena kita bisa mengitari pulau-pulau yang sebagiannya berpenghuni dan sebagian lagi kosong. Pemandangan air laut yang biru terang dan bercampur warna kehijauan berpadu dengan langit biru dan awan putih benar-benar memanjakan mata.

Salah satu pulau yang jadi tujuan wisata utama di kepulauan Sembilan adalah pulau Larea-rea. Pulau ini tidak seberapa besar dan tidak berpenghuni. Pemerintah kabupaten Sinjai sudah menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata, dan karenanya di gerbang pulau ini dibangun dermaga kayu agar perahu dan kapal tidak harus merapat sampai ke pulau.

Kepulauan Sembilan

Dari puncak bukit di Larea-rea, pemadangannya menakjubkan

Pulau ini dikelilingi pasir putih yang lembut, di tengahnya berdiri bukit batu yang rimbun ditutupi pohon dan semak belukar. Pemandangan dari atas bukit ini benar-benar menawan. Di kejauhan kota Sinjai akan tampak berjejer, belum lagi laut lepas yang berwarna biru terang.

Air laut yang biru dan jernih tentu akan sangat menggoda untuk dicicipi, setidaknya membasuh diri di dalamnya. Sayang karena pemandangan bawah laut pulau Larea-rea tidak begitu terjaga, banyak karang yang sudah rusak karena praktik pembiusan dan pengeboman.

Meski begitu, Larea-rea tetaplah layak untuk dikunjungi. Apalagi kalau sempat membawa ikan dan membakarnya langsung di sana, sensasi menikmati ikan bakar di tepi pantai tentu sangat berkesan.

Taman Purbakala Gojeng.

Tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Sinjai adalah taman purbakala Gojeng. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Sinjai. Taman purbakala ini terdapat di dataran tinggi Gojeng. Ada taman luas yang terawat di dalam lokasi taman purbakala. Untuk masuk wisatawan hanya harus membayar retribusi sebesar Rp. 2.500,-

Di puncak dataran tinggi kita bisa menemukan banyak batu-batu dan peninggalan pra sejarah. Batu-batu itu seakan disusun rapih dan digunakan sebagai bagian dari ritual keagamaan orang purbakala. Yang tak kalah menawan dari puncak dataran tinggi Gojeng adalah pemandangannya. Dari sana gantian, kepulauan Sembilan yang akan terlihat jelas.

Bukit Gojeng

Peninggalan pra-sejarah di puncak bukit Gojeng

Bukit Gojeng

Dari puncak Gojeng, kita bisa melihat pemandangan seperti ini

Di kejauhan gugusan pulau-pulau kecil itu terlihat jelas, berpadu dengan air laut yang biru terang. Sungguh pemandangan yang menawan. Duduk di puncak bukit taman purbakala Gojeng memang mengasyikkan, apalagi kondisinya sangat terawat, bersih dan hijau.

Sinjai memang masih perlu banyak berbenah, potensi alamnya belum dimaksimalkan untuk mengundang para wisatawan. Tapi kalau pemerintah dan warga mereka serius saya yakin dalam waktu-waktu yang akan datang Sinjai juga bisa jadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Sulawesi Selatan.

(Visited 2,037 times, 1 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'2 Tempat Yang Harus Didatangi Kalau ke Sinjai' have 1 comment

  1. February 12, 2017 @ 8:50 am Glow

    Daeng, buat nyebrang ke pulau apalagi kalau sewa kapal nelayan, biayanya berapa ya ??

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool