Air terjun latuppa

2 Permandian yang Wajib Kamu Kunjungi di Latuppa Palopo

Vote Us

Sungai latuppa adalah sebuah kawasan wisata yang sangat populer di Kota Palopo, tidak terhitung berapa kali saya mandi di sungai itu. Setiap kali ada acara perpisahan sekolah maka sungai Latuppa pasti jadi pilihan. Latuppa terletak sekitar 3 km dari pusat kota Palopo. Palopo sendiri dapat dijangkau perjalanan sejauh 360 km dari kota Makassar. Para pecinta durian juga sering kali datang ke wilayah latuppa yang juga terkenal sebagai penghasil durian yang rutin setiap tahunnya.

Sungai latuppa membentang sepanjang beberapa kilometer dan semua tempatnya bisa dijadikan spot untuk mandi. Saat memasuki kawasan latuppa suasana sejuk langsung terasa karena kawasannya yang masih sangat asri dengan pepohonan di kiri kanan jalanan. Ada 2 spot dari Latuppa yang wajib kamu lihat bersama teman – teman kamu.

1. Sungai Jodoh

Sungai jodoh merupakan tempat yang cukup populer bagi warga kota Palopo. Sungai jodoh terletak di kilometer 6 latuppa, entah siapa yang pertama kali memberikan nama ini tidak ada yang tahu pasti tetapi namanya telah membuat orang lain penasaran dan tertarik berkunjung.

Sungai jodoh

Sungai jodoh dikelola oleh masyarakat sekitar dan tidak ada biaya masuk yang diterapkan kecuali biaya parkir dan sewa balai – balai untuk tempat duduk. Ciri khas dari sungai di latuppa adalah batuan yang sangat besar ada dimana – mana. Sering kali batu ini dijadikan tempat nongkrong pengunjung berkumpul bersama teman – teman menikmati hidangan yang sudah dipersiapkan dari rumah. Tetapi ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan ya, karena sungai ini menjadi sumber air bersih yang utama bagi warga palopo.

Bila anda ingin mencari jodoh di tempat ini mungkin tidak ada salahnya karena cukup banyak muda mudi yang datang di akhir pekan dan mereka biasanya rombongan dengan teman – temannya, kadang juga karyawan yang datang 1 kantor yang mengadakan acara tertentu.

Tempat Wisata di Palopo
2. Air Terjun Latuppa

Air terjun latuppa terletak di ujung pemukiman warga tepatnya pada kilometer 9. Air terjun ini kurang diketahui pengunjung mereka biasanya hanya sampai di sungai jodoh. Saya pernah mendengar cerita kalau air terjun ini cukup bagus hingga saya akhirnya coba terus kesana. Saya datang lebih pagi dan bukan hari libur jadi terlihat sepi. Biaya masuk air terjun gratis hanya perlu membayar sewa parkir kendaraan. Setelah itu saya treking melewati beberapa anak tangga di pinggir sungai. Dekat dari anak tangga ada beberapa gazebo yang disewakan. Tempat ini biasanya dijadikan tempat ngumpul sambil bakar ikan atau ayam karena terlihat beberapa bekas arang disekitarnya, rasanya memang asyik makan di samping aliran sungai yang jernih.

Tempat Wisata di Palopo

Setelah sampai di pusat air terjun ternyata cukup ramai juga orang mandi. Airnya memang dingin dan nyaman untuk mandi karena kolamnya yang tidak begitu dalam. Beberapa orang terlihat asyik melompat dari puncak air terjun yang tidak begitu tinggi.

Tips berkunjung ke Latuppa : Sebaiknya anda datang pada saat musim kemarau karena airnya akan jernih dan tidak terlalu deras untuk mandi langsung. Saat berkunjung ke Palopo usahakan bertepatan dengan musim durian agar dapat menikmati langsung berbagai macam tipe durian mulai dari yang ukurannya kecil, besar, bijinya tipis dengan daging yang tebal. Selain sungai latuppa anda juga dapat menikmati susana penginapan di hotel Agro yang berada tidak jauh dari sungai jodoh dan sekaligus menyiapkan kolam renang agro dengan berbagai macam fasilitas menariknya.

(Visited 381 times, 5 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'2 Permandian yang Wajib Kamu Kunjungi di Latuppa Palopo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool