11 Hal Yang Membuatmu Rindu Kembali Ke Makassar

Vote Us

Sejak dua puluhan tahun belakangan, Makassar berkembang semakin pesat. Kota ini seperti bersolek hingga terlihat semakin menarik. Kota yang sering disebut sebagai gerbang Indonesia bangian timur ini memang meninggalkan banyak kesan dan kenangan buat mereka yang pernah datang ke sini. Entah karena makanannya, entah karena tempatnya, entah karena budayanya.

Tidak salah mengapa Makassar adalah satu dari sekian banyak kota di Indonesia yang wajib dikunjungi. Berbicara tentang Makassar yang tidak ada habisnya, berikut ini adalah beberapa hal yang pasti membuatmu rindu untuk kembali ke Makassar.

1. Coto 

coto-makassar-i | Sumber : http://resephariini.com/wp-content/uploads/2015/08/coto-makassar.jpg

Nikmatnya Coto Makassar

Dari sekian banyak kuliner berbahan daging di Makassar, tidak bisa dipungkiri coto adalah makanan favorit bagi setiap orang yang pernah tinggal di Makassar. Bahkan ada yang mengatakan “Coto adalah Makassar” begitupun sebaliknya. Untuk menemukan makanan ini, kita tidak perlu repot-repot mencarinya, karena hampir di setiap persimpangan jalan di Kota Makassar pasti ada saja warung yang menyediakan masakan jeroan berkaldu ini.

2. Konro

konro | Sumber : http://infokuberita.com/wp-content/uploads/2016/05/Makan-Siang-dengan-Sop-Konro-Khas-Makassar.jpg

Seporsi Konro yang Maknyus

Satu lagi kuliner berbahan daging yang tidak kalah pamornya dari coto adalah konro. Makanan yang terdiri dari potongan tulang dengan serpihan-serpihan daging lembut ini begitu melekat di hati siapa saja yang pernah ke Makassar. Meskipun harganya relatif mahal tapi tidak membuatnya surut dari perburuan para penikmat kuliner.

3. Mie Kering

mie-titi | SUmber : https://meclubonline.files.wordpress.com/2012/12/mie-titi1.jpg

Mie Titi yang buat ketagihan

Berbeda dari kebanyakan mie pada umumnya, mie kering di Makassar terkenal dengan mie yang disirami oleh kuah kental kanji. Rasanya yang “kriuk-kriuk” dan kuah yang lembut seakan mengoyang lidah dengan kenikmatan yang tiada duanya.

4. Sarabba

sarabba | Sumber : http://1.bp.blogspot.com/-Rst_Pixc1Sc/VQk7J4BpsQI/AAAAAAAABKQ/M9rItV5Jw0U/s1600/Saraba%2BMakassar.jpg

Minuman Hangat Penambah Semangat

Berbicara soal minuman, minuman yang satu ini adalah rajanya. Minuman hangat yang terdiri dari paduan jahe dan gula aren ini banyak dicari ketika malam hari. Kalau di jawa terkenal dengan Wedang Jahe, maka di Makassar terkenal dengan Sarabba-nya. Pasangan yang tepat untuk menikmati segelas Sarabba adalah sepiring ubi goreng ditemani cobek-cobek yang pedas.

5. Sirup Markisa dan Sirup DHT

sirup-dht | Sumber : https://s2.bukalapak.com/img/722791342/medium/IMG_20160525_223558_scaled.jpg

Oleh-oleh Khas Makassar Si Manis Sirup DHT

Siapa yang tidak kenal Sirup Markisa dan Sirup DHT? Nyatanya kedua sirup ini hanya di produksi di Makassar loh. Sirup markisa yang rasanya manis-asem ini terbuat dari buah markisa yang hanya tumbuh di dataran tinggi Malino Kabupaten Gowa. Sedangkan Sirup DHT yang rasanya kental manis paling sering kita jumpai sebagai saus dari pisang ijo atau sebagai minuman favorit saat bulan ramadhan dan lebaran.

6. Pisang Ijo dan Pisang Epe

pisang-ijo | Sumber : http://bocahpetualang.com/wp-content/uploads/2013/02/Es-Pisang-Ijo-Makassar.jpg

Segar dan Manisnya Pisang Ijo

Jika ditanya soal buah pisang maka Makassar adalah tempatnya penghasil berbagai kudapan yang terbuat dari buah pisang, yang terkenal di antaranya adalah pisang ijo dan pisang epe. Pisang Ijo ini selalu saja hadir pada setiap waktu baik pagi, siang, dan malam hari. Terlebih pada saat bulan ramadhan tiba, seluruh penjuru kota akan beraroma pisang ijo. Pisang yang tidak kalah famous-nya lagi yaitu pisang epe. Pisang Epe ini dapat kita temui di sepanjang jalan Pantai Losari. Pisang Epe tidak hanya sekedar sajian pisang panggang saja lebih daripada itu adalah bagaimana kita merasakan sunset di pantai losari ditemani berbagai macam taburan saus manis dari Pisang Epe.

7. Songkolo

songkolo | Sumber : http://3.bp.blogspot.com/-03LI0XDIzAA/T6aLA5P4kmI/AAAAAAAAAcc/Elo0TW0yq3s/s1600/IMG_4262.JPG

Icip-icp si beras ketan hitam Songkolo

Songkolo adalah nasi ketan hitam yang dikukus hingga lembut. Seporsi songkolo selalu ditaburi parutan kelapa sangrai yang manisnya dari gula merah dan ditemani dengan sambal pedas yang menggugah selera makan.

8. Cap Karung (Cakar)

cakar-pasar-terong | Sumber : http://cdn-2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/pedagang-cakar.jpg

Bursa Pakaian Cakar di Pasar Terong

Siapa sih yang yang tidak ingin memiliki pakaian ternama dengan harga murah. Di Makassar terdapat sebuah pasar yang menjual produk-produk pakaian luar negeri dengan harga sangat miring. Cakar (cap karung), begitulah orang makassar menyebutnya barang-barang itu. Dan salah satu pasar yang terkenal dengan penjual cakar-nya adalah Pasar Terong.

9. Pasar Ikan Paotere

pasar-ikan-paotere | Sumber : http://beritadaerah.co.id/wp-content/uploads/2015/06/antarafoto-harga-ikan-naik-220615-smt.jpg

Suasana Pasar Ikan Paotere

Buat kamu yang hobi makan ikan, pasti kenal dengan tempat ini yaitu Paotere. Pasar ikan yang selalu ramai ini terkenal dengan harganya yang murah. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam ikan hasil tangkapan nelayan yang masih segar.

10. Orang-orangnya yang Humoris

Sebenarnya orang-orang Makassar ramah loh, mereka sangat terbuka dengan kedatangan orang luar. Tidak hanya ramah, mereka juga sangat humoris. Mereka sering memulai pendekatan dengan cerita-cerita lucu. Baik itu sekedar basa-basi atau serius pasti mereka menyelipkan sedikit bumbu humoris dalam setiap perkataannya.

11. Ramah

Kota ini dihuni oleh orang-orang yang ramah, orang-orang di Makassar juga menjunjung tinggi rasa hormat antar sesama. Di kota ini, tetangga sebelah rumah adalah keluarga terdekat yang mesti kita beri perhatian. Bahkan jika sangat akrab dengan orang Makassar, sejauh apapun kita merantau diluar Sulawesi, mereka akan terus menggangap kita seperti saudaranya sendiri.

(Visited 253 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'11 Hal Yang Membuatmu Rindu Kembali Ke Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool