10 Tempat Wisata Religi Di Makassar

10 Tempat Wisata Religi Di Makassar
5 (100%) 1 vote

Makassar merupakan salah satu kota yang sarat akan berbagai macam budaya dan agama. Namun di tengah perbedaan, setiap warganya hidup rukun berdampingan tanpa membedakan bentuk keyakinan yang mereka pegang dalam hidup. Tidak salah jika kota Makassar memiliki banyak destinasi tempat wisata religi yang cukup terkenal. Dan bagi sobat yang sedang berlibur di Makassar tidak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata religius berikut ini :

1. Masjid Al Markaz Al Islami

Sumber : https://southcelebes.files.wordpress.com/2012/11/ar116999.jpg

Masjid Al Markaz Al Islami

Kemegahan Masjid Al Markaz Al Islami menunjukkan bahwa masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Makassar. Masjid yang mampu menampung 50.000 jemaah ini, memiliki corak warna bangunan yang didominasi warna hijau yang menunjukkan bahwa islam itu tentram. Masjid Al Markaz Al Islami diresmikan pada tahun 1996 yang terletak di Kecamatan Bontoala. Bentuk bangunan masjid ini terinspirasi oleh Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Bangunan Masjid Al Markaz terdiri dari 3 lantai dan selain tempat beribadah seperti masjid pada umumnya, terdapat pula aula, koperasi, pusat pendidikan, kantor sekretariat dan kantor Majelis Ulama Indonesia cabang Sulawesi Selatan.

2. Masjid Raya Makassar

Sumber : http://commondatastorage.googleapis.com/static.panoramio.com/photos/original/15903792.jpg

Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar merupakan masjid terindah di Kota Makassar, masjid yang memiliki luas bangunan 1.5 kilometer persegi diresmikan pada tahun 1949. Masjid Raya Makassar memiliki kapasitas yang dapat menampung 10.000 jemaah, ciri khas dari masjid ini adalah pola arsitekturnya yang mengikuti gaya timur tengah dengan sentuhan arsitektur mediterian. Dengan kombinasi tiga warna dasar yaitu krem yang mencirikan warna alam (natural), hijau yang melambangkan keislaman (agama), serta hitam (warna Kabah).

3. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Sumber : http://cdn.tmpo.co/data/2010/08/03/id_42988/42988_620.jpg

Masjid Muhammad Cheng Hoo Makassar

Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid terunik yang dimiliki Makassar, masjid yang terletak di Tanjung Bunga ini merupakan bentuk keberadaan rakyat muslim cina yang ada di Makassar. Masjid yang didirikan tahun 2011 ini memiliki kekhasan tersendiri dari masjid pada umunya. Masjid ini memadukan nuansa Timur Tengah dan Tiongkok serta perpaduan budaya Bugis Makassar. Gaya khas Tionghoa terlihat dari pilihan warna bangunan, yakni didominasi merah dan kuning. Bentuk bangunan persegi, menandakan nilai bugis assulappa’ appa. Selain digunakan sebagai tempat peribadatan, masjid ini juga dilengkapi dengan bangunan yang berfungsi sebagai sarana sosial seperti ruang amal dan usaha, ruang pendidikan, lapangan olahraga dan tempat kesenian.

4. Masjid Terapung Makassar

Masjid Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin atau yang dikenal dengan nama Masjid Terapung Makassar merupakan masjid unik lainnya yang dimiliki Kota Makassar. Masjid yang dibangun diatas laut ini berada di kawasan Pantai Losari. Keunikan Masjid Terapung adalah terdiri dari 3 lantai berdiameter 45 meter, terdapat dua kubah berdiameter 9 meter yang dibawahnya pengunjung dapat menggunakan tempat bersantai dan beristirahat dengan embusan angin pantai. Sobat bisa naik ke atas kubah yang melalui dua tangga samping yang mengelilingi masjid. Bangunan dengan memadukan konsep modern, kontemporer dan islami.

5. Masjid Tua Katangka

Sumber : https://pbs.twimg.com/media/A0VGG6YCMAAqnBP.jpg:medium

Masjid Tua Katangka

Masjid Tua Katangka terletak di Desa Katangka, Kecamatan Somba Opu. Masjid Tua Katangka disebut juga Masjid Agung Syeh Yusuf yang merupakan masjid pertama dan tertua di Pulau Sulawesi dan di wilayah waktu Indonesia bagian tengah, sekaligus masjid tertua ke-sembilan di Indonesia. Masjid Tua Katangka berbatasan dengan kompleks makam Katangka dan perkampungan di sebelah selatan dan barat, Jalan Raya Syeh Yusuf di sebelah utara, dan perkampungan dari sebelah barat.

6. Masjid Alfatih Al Anshar

Sumber : http://cdn-2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/al-fatih_20150626_135918.jpg

Masjid Dengan Bentuk Ka’bah di Makassar

Masjid Alfatih Al Anshar merupakan masjid terunik lainnya yang ada di Makassar. Masjid ini terletak di Kecamatan Tallo, masjid ini memiliki keunikan pada bangunannya yang berbentuk seperti bangunan Ka’bah di Mekah. Keunikan lainnya adalah gaya arsitektur mengikuti konsep masjid di timur tengah, bagian dalamnya nampak terlihat tulisan-tulisan arab di dindingnya.

7. Gereja Katedral Makassar

Sumber : http://static.panoramio.com/photos/large/80860060.jpg

Gereja Katedral Makassar

Gereja Katedral atau disebut juga dengan naman gereja Gereja Hati Kudus Yesus adalah gereja tertua di Makassar dan juga di seluruh Sulawesi Selatan dan Tenggara. Gereja yang dibangun sejak tahun 1898 memiliki bentuk bangunan yang tetap sama ketika pertama kali dibangun, maka tidak salah gereja ini merupakan cagar budaya yang dipertahankan di Makassar. Gereja Katedral ini berada di dekat Lapangan Karebosi yang membuatnya mudah diakses oleh masyarakat. Keseluruhan bangunan Gereja Katedral  Makassar ini bergaya arsitektur Eropa gothik.

8. Pura Giri Natha

Sumber : http://i195.photobucket.com/albums/z116/bozhart/dba43f90.jpg

Pura Giri Natha Makassar

Pura Giri Natha merupakan tempat peribadatan umat hindu yang ada di Makassar. Pura ini terletak di jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Di pura ini terdapat bangunan Padmasana Agung setinggi sekitar 20 meter, juga dilengkapi balai pawedaan. Di jaba Pura juga terdapat asrama dan ruang belajar untuk sekolah minggu bagi anak-anak Hindu. Persembahyangan di pura ini rutin dilakukan setiap purnama, tilem dan kajeng kliwon. Selain itu, juga pada hari-hari besar Hindu seperti Galungan, Kuningan dan dharma santhi Panyepian.

9. Klenteng Ibu Agung Bahari

Sumber :

Klenteng Ibu Agung Bahari

Klenteng Ibu Agung Bahari atau Klenteng Ma Tjo Poh terletak di Jalan Sulawesi Nomor dikenal dengan nama Thian Ho Kong yang berarti Istana Ratu Langit Bangunan bergaya arsitektur Cina ini dibangun pada oleh orang keturunan Tionghoa di Makassar yang diketuai Kapitan Lie Lu Chang Sejak awal dibangun pada tahun 1738 hingga sekarang kelenteng ini difungsikan sebagai tempat ibadah umat Buddha Pemberian nama kelenteng berasal dari nama Dewi Laut Ma Tjo Poh. Klenteng Ibu Agung Bahari terdiri atas 4 bagian yaitu bagian depan berupa halaman (gapura utama), unit utama (pusat klenteng), sayap kiri yang merupakan beberapa ruangan, dan bagian belakang yang merupakan tempat sembahyang.

10. Klenteng Xian Ma

Sumber : http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/63542486.jpg

Klenteng Xian Ma Makassar

Kelenteng Xian Ma atau nama lainnya Istana Naga Sakti adalah sebuah tempat peribadatan umat buddha yang terletak di jalan Sulawesi No. 112, lebih tepat nyatepat di tengah kawasan pecinan China Town, Makassar. Rumah ibadah ini telah ada sejak tahun 1864 ini sangat menonjolkan tampilan arsitektur Tionghoa yang megah. Klenteng Xian Ma terdiri dari 5 lantai dan setiap lantai memiliki fungsinya tersendiri. Warna bangunan ini dominan dengan krem dan merah yang merupakan salah satu ciri khas orang cina.

(Visited 4,608 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'10 Tempat Wisata Religi Di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool