Makassar

10 Hal Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berlibur Ke Makassar

10 Hal Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berlibur Ke Makassar
5 (100%) 1 vote

Siapa sih yang tidak mengenal Makassar sekarang, kota yang saat ini sedang menjadi primadona baru dalam tujuan wisata di Indonesia. Selain Menjadi Ibukota di Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar juga menjadi gerbang utama menuju Kawasan Indonesia Timur sehingga tidak mengherankan jika Makassar kini tidak akan pernah sepi dari kunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bagi sobat yang masih ragu-ragu untuk menghabiskan waktu liburan di Makassar, berikut adalah 12 hal yang barangkali akan mengubah keraguan tersebut. Beberapa tempat wisata di Makassar ini sangat mudah terjangkau karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan beberapa hotel-hotel di Makassar.

1.  Menapaki Lembaran Sejarah Kota Makassar Di Benteng Fort Rotterdam

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

Di dalam kompleks benteng terdapat 13 bangunan dan lima buah menara dengan sebuah menara di pintu masuk, sedangkan empat buah menara lainnya ada di setiap sudut kawasan benteng dan juga terdapat sebuah museum dengan nama Museum La Galigo yang berisi koleksi benda-benda sisa kerajaan dahulu. Selain itu terdapat sebuah penjara yang diyakini sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

2. Penasaran Dengan Budaya Lokalnya, Cobalah Mampir Di Gedung Kesenian Makassar (Societeit Der Harmonie)

Societeit Der Harmonie

Gedung Kesenian Makassar (Societeit Der Harmonie)

Societeit Der Harmonie atau lebih dikenal dengan Gedung Kesenian Makassar terletak di arah utara Pantai Losari. Di tempat ini para seniman dan aktivis seni budaya Makassar biasa menampilkan pagelaran seni dan budaya kota Makassar termasuk pemutaran film-film indie Makassar. Jadi jika sobat ingin lebih tahu budaya asli Makassar sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini.

3. Mengunjungi Destinasi Wisata Religius Di Kota Makassar

Masjid Terapung Makassar

Masjid Terapung Makassar

Berlibur ke Makassar kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi wisata religi yang ada mulai dari bangunan kuno hingga modern. Kemegahan arsitekturnya menggambarkan bagaimana perjuangan penyebaran islam di Tanah Makassar, yaitu Masjid Raya Makassar dan Masjid Al Markaz Al Islami. Dan ada satu lagi Masjid yang bisa dikatakan Landmark baru Kota Makassar yaitu Masjid Terapung yang terletak di bibir Pantai Losari sehingga membuat masjid ini terasa sejuk karena bertemu langsung dengan angin lautan yang berhembus.

4. Jelajahi Sajian Kuliner Khas Makassar di Kampoeng POPSA

Suasana Kampoeng POPSA

Suasana Kampoeng POPSA Di Malam Hari

Makassar identik dengan makanan khas yaitu Coto. Tapi tunggu dulu ternyata bukan hanya Coto saja yang terkenal di Makassar ada Sop Pallubasa, Sop Konro, Nasi Palekko, dan masakan yang lainnya. Kalau sobat penasaran dengan beragam kuliner khas Makassar lainnya, ada baiknya sobat mengunjungi Kampoeng POPSA yang terletak didepan Benteng Rotterdam.

5. Bukan Cuman Pulau Dewata Saja Yang Pulau Unik, Makassar Juga Punya Nirwana Kecil Yang Tak Kalah Eksotik Untuk Dikunjungi

Pulau Samalona Makassar

Indahnya Pulau Samalona Di Makassar

Siapa yang bilang Makassar cuman terkenal hanya Pantai Losari saja. Ternyata ada banyaktempat wisata unik lainnya yang letaknya jauh dari lepas pantai. Pulau-pulau bagaikan nirwana kecil yang tersembunyi dibalik gemerlapnya Kota Makassar. Pulau-pulau tersebut diantara masih nampak asli dan terjaga kelestariannya diantara ada Pulau Kayangan, Pulau Samalona, Pulau Lae-lae, Pulau Lanjukang, dan Pulau Kodingareng Keke serta masih banyak lagi pulau lainnya yang tidak indah. Untuk mencapainya sobat bisa menggunakan kapal yang telah disediakan.

6. Bagi Kamu Yang Takut Untuk Menyeberang Pulau, Tidak Ada Salahnya Menikmati Deburan Ombak Di Pantainya

Pantai Akkarena

Nuansa Romantis Di Pantai Akkarena Makassar

Keindahan Makassar bukan hanya pulau-pulau luarnya saja, Selain Pantai Losari, Makassar juga memiliki banyak pantai yang indah yang layak untuk sobat kunjungi diantara ada Pantai Akkarena yang berada tepat disamping Pantai Losari, kemudian berjejeran ada Tanjung Anging Mammiri, Tanjung Balang, dan Pantai Barombong.

7. Selain Bermain Ombak, Kamu Juga Bisa Bermain Air Di Wahana Air Terbesar Di Makassar

Bugis Water Park

Serunya Bermain Air Di Bugis Water Park

Buat sobat yang suka bermain-main air tapi tidak suka pantai, Makassar juga punya destinasi wisata air yang tidak kalah hebat seperti Waterboom di kota luar. Makassar sendiri memiliki 2 wisata air yaitu Gowa Discovery Park yang berada di Kecamatan Tamalate dan Bugis Waterpark yang berada di Kecamatan Manggala.

8. Sore Hari Merupakan Waktu Yang Tepat Untukmu Bencengkrama Mesra Dengan Senja Di Pantai Losari

Pantai Losari Makassar

Turunnya Sang Surya Di Ufuk Barat Pantai Losari

Siapa yang tidak mengenal Pantai Losari, pantai ini tersohor bukan hanya di Makassar tapi di seluruh Indonesia sebagai salah satu pantai terindah untuk menikmati nuansa romantisme senja di ufuk barat. Pantai Losari begitu namanya yang juga merupakan ikon Kota Makassar Dengan penanda huruf yang besar bertuliskan “PANTAI LOSARI” siapapun selalu tergoda untuk berfoto di depannya.

9. Setelah Menikmati Berbagai Macam Kuliner Khas Makassar Tak Lengkap Rasanya Bila Tak Mencoba Minuman Khas Makassar Yaitu Sarabba

Sarabba Minuman Khas Makassar

Sarabba Minuman Khas Makassar

Salah satu tempat nongkrong asyik di pinggir jalan Kota Makassar adalah di Jalan Sungai Cerekang. Bila sobat lewat di jalan ini, sobat akan melihat sepanjang jalan orang-orang asyik nongkrong sambil minum sarabba dan ubi goreng. Sarabba merupakan minuman kesehatan khas Makassar yang terdiri dari  bumbu dasar jahe, gula merah, dan santan. Sekilas minuman ini seperti jamu yag membedakan adalah penambahan jenis rempah-rempah sehingga memberikan aroma, rasa, sensasi hangat yang khas ketika meminumnya.

10.  Setelah Puas Jalan-Jalan Mengelilingi Kota Makassar Jangan Lupa Membeli Oleh-oleh Khas Makassar Di Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Berburu Oleh-Oleh Di Jalan Somba Opu

Berlibur tak lengkap jika tak mengunjungi pusat oleh-oleh khas kota yang didatangi yang terletak diantara Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, ada Jalan Somba Opu yang ramai digunakan sebagai tempat menjual dan mencari oleh-oleh khas Makassar mulai dari kerajinan tangan, makanan khas, dan baju.

(Visited 1,077 times, 1 visits today)


About

Stories Worth Spreading


'10 Hal Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Ketika Berlibur Ke Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool